Kamis 29 September 2022, 10:25 WIB

Latar Belakang Johanis Tanak Diyakini Mempertajam Taring KPK

Candra Yuri Nuralam | Politik dan Hukum
Latar Belakang Johanis Tanak Diyakini Mempertajam Taring KPK

MI/Susanto
Johanis Tanak

 

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) menyambut baik terpilihnya Johanis Tanak pada uji Kepatutan dan kelayakan yang digelar Komisi III DPR. Johanis diyakini bisa mempertajam taring KPK.

"Dengan latar belakang yang sarat pengalaman dari Kejaksaan Agung, akan menjadi penguat pemberantasan korupsi yang diemban KPK," kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Kamis (29/9).

Ali yakin Johanis bisa menyempurnakan kekosongan jabatan pimpinan yang membuat kinerja KPK sedikit terganggu beberapa waktu belakangan. Johanis diyakini bisa menggerakan semua motor kinerja KPK.

"Tentunya tidak hanya pada aspek penanganan perkara, namun perspektif dan analisisnya juga akan sangat diperlukan sebagai pertimbangan pengambilan kebijakan lembaga, baik pada strategi pencegahan maupun pendidikan antikorupsi," ujar Ali.

Johanis juga diyakini bisa menguatkan sinergi antarpenegak hukum. Apalagi jabatan dia di Kejaksaan Agung diyakini bisa membuat lobi-lobi penanganan kasus semakin cepat.

"KPK juga diamanahi oleh undang-undang untuk melakukan koordinasi dan supervisi penanganan perkara tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh Kejaksaan maupun Kepolisian," ucap Ali.

Baca juga: Johanis Tanak Terpilih jadi Pengganti Lili Pintauli

KPK bakal tancap gasnya usai Johanis menduduki kursi jabatannya. Pemberantasan korupsi bakal dimaksimalkan kembali setelah pimpinan Lembaga Antikorupsi lengkap.

"Selanjutnya dengan telah lengkapnya komposisi lima pimpinan sesuai undang-undang, KPK tentu akan segera berkonsolidasi kembali dalam langkah-langkah penguatan pemberantasan korupsi tersebut," kata Ali.

Komisi III DPR telah menyelesaikan uji kepatutan dan kelayakan calon pengganti pimpinan KPK. Mayoritas anggota Komisi III memilih Johanis Tanak sebagai pengganti Lili Pintauli.

"Johanis Tanak terpilih sebagai calon anggota pengganti pimpinan KPK masa jabatan 2019-2023, apakah dapat disetujui?" kata Wakil Ketua Komisi III DPR Adies Kadir di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 28 September 2022.

"Setuju," jawab seluruh anggota Komisi III yang menghadiri seleksi calon anggota pengganti pimpinan KPK. (P-5)

Baca Juga

Ist

Peneliti LSI: Mesin Partai On Fire, Golkar Bakal Menang Pemilu di Jabar

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 14:46 WIB
Ormas yang didirikan Partai Golkar yang saat ini masif bergerak di Provinsi Jawa Barat berpotensi akan memenangkan Partai Golkar di Pemilu...
dok.ist

3 Komisioner LMKN Tantang Tergugat Buktikan Dalil Jawaban dalam Sidang

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 12:00 WIB
KUASA hukum tiga anggota komisioner Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) 2019–2024, Fredrik J Pinangkury, menyampaikan pihaknya...
dok.bawaslu luwu timur

Bawaslu: Pemilu 2024 Lebih Dinamis Dibanding Pemilu sebelumnya

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 27 November 2022, 10:25 WIB
BADAN Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI menyebut bahwa penyelenggaraan Pemilu 2024 lebih dinamis dibanding pemilu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya