Rabu 28 September 2022, 10:59 WIB

PB PMII Bahas Sejumlah Isu Jelang Pemilu 2024 di Kemenkopolhukam RI 

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
PB PMII Bahas Sejumlah Isu Jelang Pemilu 2024 di Kemenkopolhukam RI 

MI/HO
PB PMII saat berkunjung ke kantor Kemenkopolhukam

 

PENGURUS Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) membahas sejumlah isu menjelang pemilihan umum (Pemilu) 2024 saat beraudiensi dengan Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenkopolhukam) RI. 

"Pemilu merupakan sarana kedaulatan rakyat. Ruang rakyat dalam mengevaluasi, menghukum, merekomendasikan dan serta menentukan siapa pemimpin yang layak untuk memimpin rakyat Indonesia pada 2024," jelas Koordinator Nasional Pemantau Pemilu PB PMII Hasnu, Rabu (28/9). 

Menurut Hasnu, kesuksesan Pemilu 2024 dapat dilihat dari tiga komponen penting; pertama, peserta pemilu (Parpol), kedua, penyelenggara pemilu (KPU, Bawaslu, dan DKPP), dan ketiga, pemilih (Rakyat). 

Baca juga: Sambangi KPK, PB PMII Soroti Politik Uang, Dana Kampanye, dan TPPU

Wasekjen PB PMII Bidang Politik, Hukum dan HAM itu juga menegaskan, Pemantau Pemilu PB PMII bersifat independen. Artinya, PMII sebagai masyarakat sipil, gerakan mahasiswa yang terakreditasi Bawaslu RI, memiliki tugas dalam melakukan kegiatan pemantauan, penelitian, pengkajian, pelaporan atas sejumlah penyimpangan pelaksanaan pemilu. 

"Kami akan memantau semua tahapan pemilu sesuai kalender kerja yang ditetapkan penyelenggara. Di lain sisi, kami juga akan memantau soal netralitas, transparansi, dan profesionalitas KPU - Bawaslu serta lembaga negara seperti TNI, Polri, dan BIN dalam pemilu 2024," ujar Hasnu. 

Adapun sejumlah isu yang disorot Pemantau Pemilu PB PMII, jelas Hasnu, legislasi politik, kebebasan sipil, kejahatan siber dan digitalisasi, pelembagaan politik, politik Identitas, Isu SARA dan hoax, dan abcaman terorisme dan separatisme. 

Sementara itu, Asisten Deputi Koordinasi Pengelolaan Pemilu dan Penguatan Partai Politik Kemenkopolhukam RI Haryadi menyambut baik kedatangan Pemantau Pemilu PB PMII. 

Menurut Haryadi, sejauh ini pihaknya sudah melakukan banyak hal seperti melakukan koordinasi dengan sejumlah kementerian dan lembaga terkait dalam mepersiapkan secara baik menghadapi potensi-potensi kerawanan pada Pemilu 2024. 

"Pemilu merupakan hajatan seluruh warga Indonesia, maka mari kita sama-sama agar menyukseskan Pemilu dan Pilka Serentak tahun 2024," pungkas Haryadi. (RO/OL-1)

Baca Juga

DOK.MI

KPK Buka Peluang Jerat Tersangka Baru dalam Kasus Dugaan Suap di MA

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 09 Desember 2022, 23:18 WIB
Ali mengatakan peluang tersebut dapat dilakukan sepanjang ditemukan bukti permulaan yang cukup, baik dalam proses penyidikan maupun saat...
Dok. Pribadi

DPR Papua Minta Persidangan Mahkamah Militer Kasus Mutilasi Nduga Ditunda, Dorong Peradilan Koneksitas

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Jumat 09 Desember 2022, 23:14 WIB
"Kami sayangkan bahwa persidangan di Mahmil Jayapura dan Surabaya tidak dilakukan dengan transparan. Keluarga korban tidak diberitahu...
DOK MI

Jubir Sosialisasi KUHP: Pasal Perzinaan Tak Akan Pengaruhi Sektor Pariwisata Dan Investasi

👤Widhoroso 🕔Jumat 09 Desember 2022, 21:34 WIB
PASAL perzinaan dalam KUHP yang baru dipastikan tidak akan berdampak negatif terhadap sektor pariwisata dan investasi di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya