Selasa 26 Juli 2022, 16:42 WIB

KPU Harap Pemerintah Segera Cairkan Anggaran Tahun 2022

Yakub Pryatama | Politik dan Hukum
KPU Harap Pemerintah Segera Cairkan Anggaran Tahun 2022

MI
Ilustrasi KPU

 

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) RI berharap pemerintah segera mencairkan anggaran Pemilu 2024 di tahun 2022. Pasalnya, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menyelesaikan penelaahan anggaran tambahan tersebut.

Diketahui, anggaran Pemilu untuk 2022 yang dikucurkan pemerintah baru Rp2,4 triliun atau kurang Rp5,6 triliun.

“Mudah-mudahan (segera dicairkan) karena Agustus sudah pelaksanaan pendaftaran parpol dan verifikasi administrasi dan faktual,” ungkap Komisioner KPU Yulianto Sudrajat di kantor KPU, Jakarta, Selasa (26/7).

Pasalnya, pelaksanaan pendaftaran parpol, verifikasi administrasi dan faktual tentu membutuhkan anggaran tambahan untuk kelancaran penyelenggaraannya.

Belum lagi, untuk kebutuhan kegiatan verifikasi faktual, keanggotaan, dan kepengurusan, serta alamat kantor parpol yang harus difaktualkan oleh jajaran KPU Provinsi, Kota dan Kabupaten.

“Tentu ini dibutuhkan anggaran yang harus diturunkan juga kepada jajaran KPU Provinsi, Kab/Kota, sesuai tahapan di bulan Oktober ini,” tutur Yulianto.

“Saya berharap pemerintah segera menyikapi terkait dengan ajuan anggaran tambahan,” imbuhnya.

Baca juga: Perludem: Kampanye Pemilu di Kampus belum Memungkinkan

Untuk proses tahapan Pemilu 2024 yang telah berjalan, Yulianto menyebut pihaknya masih menggunakan anggaran di 2022 yang tersedia sejak awal.

Sehingga, lanjut Yulianto, pihaknya melakukan pergeseran-pergeseran realokasi, dan memprioritaskan anggaran untuk tahapan pesta demokrasi 2024 itu.

Sementara kebutuhan anggaran yang belum prioritas akan digeser terlebih dahulu sambil menunggu keputusan Kemenkeu terkait usulan tambahan anggaran.(OL-5)

Baca Juga

Antara

Kapolri Instruksikan Jajarannya Raih Kembali Kepercayaan Publik

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 01:25 WIB
Terkait tingkat kepercayaan publik, Sigit menjelaskan, sebelum adanya peristiwa penembakan Brigadir sudah baik menurut lembaga...
Ist

Kapolri: Raih Lagi Kepercayaan Publik Hingga Hindari Pelanggaran

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 23:53 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menggelar arahan melalui video conference kepada seluruh jajaran mulai dari tingkat Mabes Polri...
Antara

LPSK Ingin Ada Tahanan Khusus Bagi Justice Collaborator

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 23:23 WIB
Hingga saat ini, LPSK belum memiliki rutan khusus untuk justice collaborator. Sebab, hal itu secara administratif berada di bawah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya