Selasa 22 Februari 2022, 13:48 WIB

Presiden: MA Pegang Peran Krusial dalam Mengawal Transformasi Indonesia

Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum
Presiden: MA Pegang Peran Krusial dalam Mengawal Transformasi Indonesia

Antara/Rosa Panggabean
Gedung Mahkamah Agung tempat Hakim Agung bertugas.

 

PRESIDEN Joko Widodo menyebut Mahkamah Agung (MA) memiliki peran yang sangat krusial dalam mendukung sejumlah agenda transformasi di Indonesia.

Sebagaimana diketahui, pemerintah saat ini tengah melaksanakan berbagai program besar seperti meningkatkan pemerataan pembangunan, memperkuat industri hilir, mendorong UMKM naik kelas, mewujudkan ekonomi hijau dan mempercepat transisi menuju energi baru terbarukan.

Baca juga: Presiden: Polemik Pemindahan Ibu Kota Negara sudah Selesai

"Semua agenda transformasi tersebut tidak mungkin bisa dikerjakan sendiri oleh pemerintah. Pemerintah butuh dukungan penuh dari seluruh komponen bangsa, terutama Mahkamah Agung dan jajaran pengadilan tinggi, pengadilan negeri di seluruh Tanah Air," ujar Jokowi saat menghadiri Sidang Istimewa Laporan Tahunan MA RI 2022 secara virtual dari Istana Negara, Jakarta, Selasa (22/2).

Lembaga peradilan negara tertinggi itu, dalam setiap upaya penegakan hukum, harus menghasilkan landmark decision yang pada akhirnya memberi kepastian yang berkeadilan bagi masyarakat, pelaku usaha dan investor. MA memiliki kewajiban untuk melindungi aset-aset negara dan publik, dan yang tidak kalah penting, juga harus memberi efek jera bagi koruptor dan mafia-mafia hukum yang kerap mencederai rasa keadilan.

"Kami meyakini upaya penegakan hukum yang efektif oleh Mahkamah Agung akan berkontribusi mewujudkan kesejahteraan dan kestabilan sosial, memperkuat sistem demokrasi dan mempercepat transformasi menuju Indonesia maju yang kita cita-citakan," jelas mantan wali kota Solo itu. (OL-6)

Baca Juga

Dok.Antara

Paman Pembunuh Murid SD di dalam Kelas Akhirnya Ditangkap

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 16:17 WIB
APARAT kepolisian menangkap Rahmat (32) atas dugaan sebagai pembunuh keponakannya berinisial SR (10) saat belajar di ruang...
Ilustrasi

Formappi Sebut Respon DPR Lamban pada Kasus Tewasnya Brigadir J

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 15:55 WIB
Albert menjelaskan sebagai mitra kerja Polri, Komisi III mestinya bisa menggunakan peran pengawasannya untuk membongkar kasus...
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Berkoalisi dengan Gerindra, Cak Imin Ingin Rebut Kekuasaan di 2024

👤Putra Ananda 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 15:07 WIB
"Terutama insyaAllah 2024 kita akan rebut kekuasaan untuk kemakmuran dan kesejahteraan Indonesia," ungkap Cak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya