Senin 20 September 2021, 17:38 WIB

Wapres: Dialog dengan Masyarakat Papua Dilakukan Selama dalam Bingkai NKRI

Emit Chairullah | Politik dan Hukum
Wapres: Dialog dengan Masyarakat Papua Dilakukan Selama dalam Bingkai NKRI

Dok. Setwapres
Wapres bertemu dengan Wakil Gubernur Papua Barat, Ketua Umum MUI Papua Barat, dan Ketua Umum MUI Papua di Jakarta, Senin (20/9).

 

WAkil Presiden Ma’ruf Amin menegaskan pendekatan silaturahim atau dialog dalam menyelesaikan konflik di Papua sangat penting untuk direalisasikan. Ma’ruf tidak sepakat apabila pemerintah pusat hanya membangun Papua dengan menggunakan pendekatan keamanan yang justru menyebabkan hasilnya menjadi sasaran pengrusakan.

“Dialog menjadi sangat penting. Jangan terkesan Jakarta hanya membangun dan hasil pembangunannya malah menjadi dari kelompok yang tidak menginginkan Papua aman,” kata Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi seusai pertemuan Wapres dengan Wakil Gubernur Papua Barat, Ketua Umum MUI Papua Barat, dan Ketum MUI Papua di Jakarta, Senin (20/9)

Dalam pertemuan tersebut, Masduki menyebutkan, Wapres menginginkan agar pendekatan utama dalam penyelesaian konflik di Papua yakni kultural dan bukan keamanan. “Pendekatan kultural ada dua yaitu kesejahteraan yakni mempercepat pembangunan Papua dengan UU baru dan dialog,” ungkapnya.

Menurut Wapres, pemerintah pada prinsipnya ingin Papua dalam kondisi damai tanpa kekerasan. Karena itu, pemerintah berusaha mencari tahu mengapa Papua selalu bergejolak dan ingin mencari solusi damai. “Lalu selama ini salahnya dimana. Karena itu dalam pertemuan tersebut Wapres menantang masyarakat Papua untuk memberikan gagasan untuk menciptakan perdamaian dan kesejahteraan dalam bingkai NKRI,” jelas Masduki.

Mengenai ajakan Kelompok Kekerasan Bersenjata (KKB) atau Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB)-OPM untuk dialog yang sering ditolak pemerintah, Masduki menyebutkan, Wapres tidak keberatan dialog tersebut dilakukan. “Selama dialognya dalam bingkai NKRI,” katanya.

Mengenai pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Jayapura yang dalam waktu dekat ini digelar, tambah,Cak Duki, Wapres meminta masyarakat Papua tetap tenang. “Karena operasi keamanan tetap berjalan agar PON dan berbagai kegiatan lain terus dilangsungkan dan tidak terganggu dengan mereka yang ingin ciptakan image bahwa Papua nggak aman,” pungkasnya. (OL-8)

 

Baca Juga

Ist/DPR

Bertemu Pengunjuk Rasa di Simalungun, Wakil Ketua Komisi II DPR Siap Panggil PTPN IV

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 18 Oktober 2021, 20:47 WIB
Kepada Junimart, para pengunjuk rasa menyampaikan keluhan terkait keberadaan lahan perkebunan milik masyarakat yang kini dikuasi PTPN...
Antara

Ini Isi Telegram Kapolri Tindak Tegas Anggota yang Berbuat Kekerasan

👤Siti Yona Hukmana 🕔Senin 18 Oktober 2021, 20:18 WIB
Ada 11 perintah Kapolri terhadap para Kapolda. Salah satunya menindak tegas anggota yang kedapatan melakukan tindakan represif terhadap...
MI/Susanto

Waspadai Pemerasan Berkedok Surat Kabar Berlogo Mirip KPK

👤Mediaindonesia 🕔Senin 18 Oktober 2021, 20:10 WIB
Ali mengatakan KPK menerima informasi mengenai beredarnya surat kabar berlogo menyerupai logo KPK yang digunakan untuk melakukan pemerasan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya