Selasa 19 Januari 2021, 16:59 WIB

DPR Pertimbangkan Aspirasi Masyarakat Soal Calon Kapolri

Putra Ananda | Politik dan Hukum
DPR Pertimbangkan Aspirasi Masyarakat Soal Calon Kapolri

Antara/Galih Pradipta
Komjen Listyo Sigit Prabowo, calon Kapolri yang diajukan Presiden Jokowi.

 

DEWAN Perwakilan Rakyat (DPR) akan menampung masukan atau aspirasi masyarakat terkait calon tunggal Kapolri, Listyo Sigit Prabowo. 

Aspirasi masyarakat menjadi salah satu pertimbangan DPR, khususnya Komisi III, saat melakukan uji kelayakan (fit and proper test) terhadap calon Kapolri.

"Masukan masyrakat dan hasil rapat dengar pendapat (RDP) yang sudah pernah dilakukan, akan dijadikan pertimbangan keseluruhan hasil fit and proper test," ungkap Wakil Ketua DPR RI Sufmi Achmad Dasco, Selasa (19/1).

Baca juga: Kesan Mendagri soal Calon Kapolri Listyo Sigit

Sufmi menyebut pimpinan DPR menyerahkan proses, serta mekanisme pelaksanaan fit and proper test kepada Komisi III. Termasuk, tata cara penyerahan makalah, batas waktu, hingga penentuan tempat.

"Fit and proper test calon kapolri itu domain komisi III. Karena memang sesuai tupoksinya akan dilakukan komisi III," imbuhnya.

Menyesuaikan protokol kesehatan di lingkungan parlemen, Sufmi menjelaskan proses fit and proper test Listyo akan berbeda dengan calon Kapolri yang terdahulu. Anggota DPR yang bisa mengikuti langsung proses fit and proper test maksimal hanya 30% dari total anggota.

Baca juga: Ini Alasan Presiden Pilih Listyo Sigit Prabowo Jadi Calon Kapolri

"Ada ketentuan harus 30%, lainnya virtual. Calon kapolri mungkin ditentukan pendampingnya beberapa orang saja," pungkas Sufmi.

Menurutnya, proses fit and proper test Listyo akan berlangsung lancar. Pasalnya, fit and proper test calon tunggal Kapolri bukan hal baru di parlemen.

"Bahwa apa yang disampaikan oleh Presiden ini kan bukan sekali. Calon kapolri tunggal sudah beberapa kali. Tentu kami akan memproses sesuai dengan ketentuan di DPR," tuturnya.(OL-11)

Baca Juga

MI/ HO

Jokowi Dinilai Jaga Marwah Indonesia dengan Aktif Redam Konflik Rusia-Ukraina

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 14:26 WIB
Presiden dijadwalkan menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin pada akhir Juni di kesempatan...
Ist

Ganjar Pranowo Dicegat Puluhan Anak-Anak saat Hadiri Gelar Tari Pancasila

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 11:49 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dicegat puluhan anak-anak saat menghadiri Gelar Tari Pancasila di komplek Taman Budaya Jawa Tengah...
Ist

Bos Indosurya Dibebaskan, Kejagung: Berkas Tersangka Belum Lengkap

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 26 Juni 2022, 07:15 WIB
KEPALA Pusat Penerangan Hukum Ketut Sumedana membeberkan alasan bos Indosurya dibebaskan dari Bareskrim...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya