Kamis 19 Desember 2019, 23:03 WIB

RUU Perlindungan Tokoh Agama Dinilai Tidak Berfaedah

RUU Perlindungan Tokoh Agama Dinilai Tidak Berfaedah

Dok MI
Lucius Karus

 

Rancangan Undang-Undang Tokoh dan Simbol Agama yang masuk program legislasi nasional (prolegnas) prioritas 2020-2024 dinilai tidak penting. DPR mestinya memasukkan rancangan yang lebih penting.
 
"Ini RUU tidak berfaedah kalau dibahas dan dihasilkan. RUU sulit dipertanyakan urgensinya hanya memenuhi daftar," ucap peneliti Formappi Lucius Karus di kantor Formappi, Matraman, Jakarta Timur, Kamis, 19 Desember 2019.
 
Lucius mempertanyakan alasan tokoh agama mesti dilindungi. Padahal, mereka menyebar pesan damai. "Tokoh agama mana yang merasa terancam?," kata Lucius.

Dia menyebut rencana RUU itu cuma berkaca pada situasi jelang Pemilu 2019. Tokoh agama terancam cuma suatu insiden semata.

Lucius juga menyoroti RUU Minuman Beralkohol yang kembali masuk Prolegnas. Padahal, RUU sudah selesai dibahas pada 2015. "Masih cenderung mengangkat RUU yang sudah jelas periode lalu tidak diapa-apakan," kata dia.
 
Sebanyak 50 RUU masuk prolegnas prioritas periode 2020-2024. Empat RUU di antaranya merupakan warisan yang sudah dibahas anggota Dewan periode sebelumnya, yakni RUU KUHP, RUU Pemasyarakatan, RUU Bea Materai, dan RUU Mineral dan Batu Bara.
 
 

Baca Juga

Dok BNPT

Rakernas FKPT Tekankan Pentingnya Kolaborasi Tangkal Terorisme

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Kamis 04 Maret 2021, 01:19 WIB
sejak 2012 BNPT membentuk Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) yang kini ada di 32 provinsi di seluruh Indonesia guna menumbuhkan...
MI/Andri Widiyanto

Belum Ada Tersangka Baru Kasus Oknum Polisi Jual Senjata ke KKB

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 04 Maret 2021, 00:02 WIB
‘’Masih dua orang itu, masih didalami juga oleh Polda Papua dan Polda Maluku untuk sementara masih dua anggota itu,'';...
MI/Susanto

Ini BB Kasus Asabri, dari Kapal LNG Hingga Mobil Rolls Royce

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 03 Maret 2021, 23:05 WIB
Kejagung telah menyita beberapa barang bukti dalam kasus dugaan korupsi pengelolaan keuangan dan dana investasi PT Asabri, mulai kapal...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya