Selasa 07 Mei 2019, 12:08 WIB

Komnas Dukung Adanya BOP, Tapi Para Direksi Harus Direposisi

Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Komnas Dukung Adanya BOP, Tapi Para Direksi Harus Direposisi

Dok. Pribadi
Juru Bicara Komnas Pengawas BOP Labuan Bajo-Flores, Maksimus Ramses Lalongkoe.

 

KOMITE Nasional (Komnas) Pengawas Badan Otorita Pariwisata (BOP) Labuan Bajo-Flores mendukung penuh program pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), khususnya terkait dengan pembentukan BOP Labuan Bajo-Flores.

Namun, Komnas Pengawas BOP menilai jajaran para Direksi BOP yang telah diangkat pemerintah justru orang-orang yang tidak memahami karakteristik dan budaya masyarakat Manggarai Barat (Mabar). Padahal tugas dan fungsi mereka sangat penting dalam mewujudkan program BOP Labuan Bajo-Flores.

Baca juga: Demokrat Sebut Prabowo-Sandi Tahu Siapa Setan Gundul

"Intinya kami tidak menolak itu BOP dan kami dukung penuh program pemerintahan Presiden Jokowi khususnya terkait dengan pembentukan BOP Labuan Bajo-Flores. Tapi kami menilai, jajaran para Direksi BOP yang telah diangkat pemerintah justru orang-orang yang tidak memahami karakteristik dan budaya masyarakat Manggarai Barat, padahalkan tugas dan fungsi mereka sangat penting dalam mewujudkan program BOP Labuan Bajo-Flores itu," kata Juru Bicara Komnas Pengawas BOP Labuan Bajo-Flores, Maksimus Ramses Lalongkoe, kepada wartawan di Jakarta, Selasa (7/6).

Menurut Ramses, yang juga Dosen Universitas Mercu Buana Jakarta ini, terwujudnya suatu program tentu harus didukung dengan kapasitas dan kapabilitas orang-orang yang mengurus sehingga bisa membangun komunikasi yang baik dengan pemerintah daerah, masyarakat dan pihak-pihak terkait lainnya.

Untuk itu, Komnas Pengawas BOP Labuan Bajo-Flores mendesak Presiden Jokowi mereposisi kembali jajaran Direksi BOP Labuan Bajo-Flores dan menempatkan orang-orang profesional di bidang kepariwisataan dan memahami benar karakter dan budaya masyarakat setempat.

"Komnas Pengawas BOP tidak ada pilihan lain selain segera reposisi Direksi BOP dan tempatkan orang-orang profesional. Banyak kok orang-orang NTT yang punya kapasitas dan kapabilitas di bidang kepariwisataan dan paham soal budaya setempat sehingga program BOP itu harus selaras dengan karakter lokal," pungkasnya. (RO/OL-6)

Baca Juga

Ist

Advokat Triweka Rinanti Termotivasi Bela Masyarakat Kecil yang Hadapi Hukum

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 30 Januari 2023, 20:36 WIB
Kegelisahan yang tinggi dalam diri Triweka melihat ketidakadilan dan ketidakberdayaan masyarakat kecil ketika berhadapan dengan...
ANTARA

Punya Kedekatan Erat, Erick Thohir Paling Berpeluang Diusung PAN Maju Cawapres

👤Widhoroso 🕔Senin 30 Januari 2023, 20:29 WIB
KEDEKATAN yang terbangun antara Menteri BUMN Erick Thohir dengan Partai Amanat Nasional (PAN) semakin mencuatkan dukungan untuk maju...
MI/Henri Siagian

Pemerintah Siapkan 47 Tower untuk Tampung 16.900 ASN di IKN

👤Mediaindonesia 🕔Senin 30 Januari 2023, 19:02 WIB
Menurut Basuki, apartemen tersebut rencananya dibangun pada Juni-Juli 2023 dan ditargetkan selesai pada Januari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya