Sabtu 06 April 2019, 16:45 WIB

Sepanjang 2018, Peretasan Siber Capai 200 Juta Kali

Rahmatul Fajri | Politik dan Hukum
Sepanjang 2018, Peretasan Siber Capai 200 Juta Kali

Ilustrasi
Hacker (Peretas siber)

 

PENELITI Keamanan Siber CissRec Ibnu Dwi Cahyo mengatakan, mengacu pada data yang dikeluarkan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), sepanjang 2018, terdapat aktivitas peretasan sebanyak 200 juta kali.

"Secara umum sampai naik drastis jadi 200 juta kali diretas dalam setahun. Itu baru yang tercatat," kata Ibnu, ketika diskusi di d'Consulate, Jakarta Pusat, Sabtu (6/4).

Ibnu merinci peretasan di dunia digital cenderung meningkat, seperti peretasan akun media sosial atau yang paling perlu diperhatikan adalah peretasan website Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ia mengatakan hal tersebut bisa digunakan untuk menyerang lawan politik atau dimanfaatkan pihak ketiga yang mempunyai motif lain.

"Bisa jadi ada pihak pihak yang tidak suka dengan demokrasi Indonesia yang tengah menuju berkualitas, sehingga menimbulkan kegaduhan," kata Ibnu.

Baca juga: Akun Pendukung Diretas, BPN Tuding Pendukung Jokowi

Ia mengatakan aparat kepolisian, terutama divisi siber, Kominfo dan penyedia jasa layanan media sosial seperti Facebook, Twitter, dan WhatsApp juga bisa saling bersinergi mengentaskan persoalan ini.

Menurutnya, tidak mudah dalam prosesnya, terlebih dalam melacak lokasi peretas yang berniat jahat.

Akan tetapi, jika aparat mampu mengungkapnya, kata Ibnu, masyarakat akan menjadi peduli dan tidak mudah terpancing dengan hasil kejahatan meretas tersebut.

"Tergantung apakah pelaku ini memang punya jejak digital. Itu selalu ada bekasnya, tetapi pelaku ini kemampunya berbeda beda, ada yang memang sulit dideteksi. Misalnya terdeteksi IP di Tiongkok, tapi tidak mungkin pelakunya di situ. Mengalihkan saja," kata Ibnu. (OL-2)

Baca Juga

Antara

Kejagung Langsung Tahan Tersangka Korupsi Rp78 Triliun Surya Darmadi

👤MGN 🕔Senin 15 Agustus 2022, 19:10 WIB
Surya Darmadi, tersangka kasus dugaan korupsi Rp 78 triliun PT Duta Palma. Penahanan itu dilakukan selama 20...
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Komnas HAM: Ada Temuan yang Cuma Bisa Dijelaskan Istri Sambo

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Senin 15 Agustus 2022, 18:23 WIB
Anam mengatakan pihaknya bakal terus mencari temuan baru terkait pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (J) sambil menunggu...
dok.Kementerian PUPR

Tata Kelola yang Baik Jaga Reputasi IKN

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Senin 15 Agustus 2022, 18:20 WIB
Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono menegaskan, penegakan tata kelola yang yang baik akan menjaga reputasi dan kredibilitas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya