Senin 03 Desember 2018, 20:45 WIB

Hak Politik Bupati Nonaktif Bener Meriah Dicabut

Damar Iradat | Politik dan Hukum
Hak Politik Bupati Nonaktif Bener Meriah Dicabut

MI/Bary Fathahiilah
.

 

MAJELIS Hakim Tindak Pidana Korupsi Jakarta menjatuhi hukuman tambahan kepada Bupati nonaktif Bener Meriah, Ahmadi. Hukuman tersebut yakni pencabutan hak politik selama dua tahun setelah Ahmadi menjalani pidana pokok.

"Menjatuhi hukuman tambahan pencabutan hak politik selama dua tahun sejak terdakwa selesai menjalani pidana pokok," kata Ketua Majelis Hakim Ni Made Sudani saat membacakan amar putusan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (3/12).

Ahmadi telah divonis bersalah dalam kasus suap Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA). Ia terbukti menyuap Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf sebesar Rp1,050 miliar.

Uang tersebut diberikan Ahmadi agar Irwandi mengarahkan Unit Pelayanan Pengadaan (UPP) Aceh memberikan persetujuan kepada kontraktor atau rekanan yang diusulkan Ahmadi. Rekanan dari Kabupaten Bener Meriah yang diusulkan Ahmadi dapat mengerjakan program pembangunan yang bersumber dari DOKA 2018.

Ahmadi terbukti melanggar Pasal 5 ayat 1 huruf A Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 64 ayat 1 ke-1 KUHP.

Oleh karena itu, hakim menjatuhkan hukuman tiga tahun penjara dan denda Rp100 juta subsider tiga bulan kurungan. Hukuman ini lebih ringan dari tuntutan jaksa yang menuntut agar Ahmad dihukum empat tahun penjara. (Medcom/OL-1)

Baca Juga

Ist

Adco Law Umumkan Advokat Alta Mahandara sebagai Partner Baru 

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 14:21 WIB
Alta Mahandara akan memperkuat Practice Group Korporasi dan M&A dengan pengalaman di bidang hukum selama lebih dari dua belas...
Antara/Sigid Kurniawan.

Puan dan Cak Imin Bicara Koalisi Pemilu 2024

👤Sri Utami 🕔Minggu 25 September 2022, 14:15 WIB
Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengatakan pertemuan dengan Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Minggu (25/9), membahas seputar upaya...
MI/HO

Ziarah Makam Taufiq Kiemas Bersama Cak Imin, Puan: PDIP dan PKB Sama-Sama Partai Wong Cilik

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 14:03 WIB
“Kami berdua kenalnya dari SMA dan mahasiswa, dan sampai di sini sebagai Ketua DPR dan Wakil Ketua DPR. Kami berharap pertemuan ini...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya