Selasa 17 Juli 2018, 12:20 WIB

KPU Jamin Pemeriksaan Berkas Pendaftar Berlangsung Optimal

Putri Anisa Yuliani | Politik dan Hukum
KPU Jamin Pemeriksaan Berkas Pendaftar Berlangsung Optimal

MI/SUSANTO

 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menjamin akan teliti dalam melakukan pemeriksaan, dan verifikasi berkas pendaftaran para caleg. Komisioner KPU RI, Ilham Saputra, mengatakan berjalannya pemeriksaan bisa lebih mudah karena adanya sistem invidasi calon (silon).

Para partai politik diharuskan mendaftarkan calegnya melalui silon KPU yang dibuka sejak 4 Juni hingga hari ini. Sementara itu, saat melakukan pendaftaran antara 4 Juli hingga hari ini, berkas pendaftaran caleg dari parpol akan diperiksa kelengkapan, dan kebenaranya sesuai data yang telah dimasukkan ke silon.

Ilham mengklaim melalui pengisian silon, proses pemeriksaan tidak hanya teliti namun juga efisien.

"Itu fungsinya silon. Kalau teman-teman lihat, tim KPU cuma lihat saja dari berkas yang ada tinggal dicocokan saja. Cepat sekali. Sekarang dari 80 dapil PSI sudah hampir selesai kita verifikasi. Jadi nggak sampai satu jam prosesnya kalau memang fotonya lengkap, orangnya ada, 30% perempuan tepat, seperti di petunjuk teknis dalam PKPU," ujarnya di Gedung KPU RI, Selasa(17/7).

Di sisi lain, Ilham menegaskan tidak ada perpanjangan waktu pendaftaran caleg. KPU akan melakukan verifikasi berkas pendaftaran hingga Rabu(18/7). Berkas yang belum memenuhi ketentuan persyaratan akan dikembalikan kepada parpol antara 19 - 21 Juli.

"Kita berikan kesempatan pada mereka dari tanggal 22 - 31 Juli untuk memperbaiki berkas-berkas yang belum lengkap," imbuhnya.

Berkas yang diteliti dalam verifikasi adalah kelengkapan surat rekomendasi parpol yang ditandatangani sekretaris jenderal, dan ketua umum parpol serta cap basah, kelengkapan berkas pencalonan, jumlah caleg dengan kursi dapil, dan berkas pakta integritas.(OL-6)

Baca Juga

MI/M Irfan

Jenderal Andika dan Jenderal Dudung Saling Melengkapi

👤Media Indonesia 🕔Jumat 30 September 2022, 22:10 WIB
KEHADIRAN Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman saat rapat kerja dengan Komisi I DPR RI (26/9) membuktikan tak ada...
MI/BAYU ANGGORO

Utamakan Politik Gagasan, KIB tidak Ingin Terjebak Figur Populer

👤Bayu Anggoro 🕔Jumat 30 September 2022, 21:30 WIB
Ada satu kesadaran yang sama bahwa setelah 2019 ada suasana keterbelahan yang tajam di...
MI/BAYU ANGGORO

PAN dan PPP Jawa Barat akan Terima Jika KIB Usung Airlangga sebagai Capres

👤Bayu Anggoro 🕔Jumat 30 September 2022, 21:05 WIB
Alasan PAN mengusung tiga nama ketua umum tersebut adalah ingin menunjukan adanya nuansa baru dalam kontestasi politik di Pilpres...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya