Senin 18 Juni 2018, 18:48 WIB

Gugatan Ambang Batas bukan untuk Muluskan Capres Tertentu

M Taufan SP Bustan | Politik dan Hukum
Gugatan Ambang Batas bukan untuk Muluskan Capres Tertentu

MI/MOHAMAD IRFAN

 

PEGIAT sistem pemilu Hadar Navis Gumay menegaskan, permohonan uji materi tentang ambang batas pencalonan presiden dan wakil presiden (presidential threshold) di Mahmakah Konstitusi (MK) tidak ada kaitannya dengan pasangan calon atau partai politik tertentu.

Dia menyebutkan, tim yang melakukan gugatan murni hanya ingin memperbaiki aturan yang dinilai bertentangan dengan konstitusi terlebih Undang-Undang Dasar 1945.

"Bukan, bukan, bukan (terkait capres tertentu). Tidak ada itu," terang Hadar kepada Media Indonesia di Jakarta, Snein (18/6).

Menurutnya, ia bergabung bersama tim sebagai penggugat di MK hanya membicarakan sistem dan bekerja sesuai dengan konstitusi. "Jadi saya ini tidak memikirkan itu, pasangan calon atau partai mana pun, waktu saya mengobrol bersama sama teman-teman, saya sudah bilang untuk tidak memihak kemana pun," ungkapnya.

Hadar menambahkan, mereka yang menggugat, hanya ingin menata sistem sehingga bisa tepat. Terlebih untuk model demokrasi, ketatanegaraan, dan yang terpenting mengikuti aturan yang sebetulnya jelas diatur dalam konstitusi dan tidak menentang.

"Selama ini kita sudah keliru. Oleh karena itu kapan lagi kita untuk memperbaikinya. Nah di sinilah kesempatan untuk memperbaiki aturan yang bertentangan dengan kosntitusi itu," tandasnya. (OL-5)

Baca Juga

MI/Susanto

PSI: Partai Terbantu dengan Adanya Sipol

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 29 Juni 2022, 19:38 WIB
Menurutnya, proses digitalisasi parpol yang dilakukan oleh KPU melalui Sipol berjalan dengan baik dan sudah...
Ist

Masyarakat dan Aparat Hukum Harus Dipersiapkan dalam Pelaksanaan UU TPKS

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 19:30 WIB
Forum Diskusi Denpasar 12 merupakan sebuah forum diskusi yang digagas Wakil Ketua MPR RI Koordinator Bidang Penyerapan Aspirasi Masyarakat...
Ist

Gubernur Miliki Peran Dukung Kebijakan Pemulihan Ekonomi Nasional

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 18:41 WIB
Salah satu kunci dalam pemulihan ekonomi nasional yaitu perencanaan dan pembangunan kawasan strategis nasional dan kawasan ekonomi khusus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya