Sabtu 16 Juni 2018, 21:15 WIB

Gugatan Ambang Batas bisa Picu Kegaduhan

Rudy Polycarpus | Politik dan Hukum
Gugatan Ambang Batas bisa Picu Kegaduhan

MI/ADAM DWI

 

Pengajuan uji materi aturan ambang batas pencalonan presiden yang diatur dalam UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum bisa memicu kegaduhan politik, jika dikabulkan.Pasalnya, itu akan menggangu tahapan Pilpres 2019.

"Apalagi pendaftaran Pilpres tinggal dua bulan lagi, Agustus. Jika memang ada perubahan, ya harus diputuskan sebelum pendaftaran," kata mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshiddiqie. di Jakarta, Sabtu (16/6).

Sedangkan, masa pendaftaran pasangan capres dan /cawapres ke KPU dimulai pada 4-10 Agustus.

"Kalaupun MK menggugurkan aturan ambang batas, idealnya aturan tersebut diterapkan pada Pemilu 2024" ujarnya.

Ia mengacu pada pengalaman Pemilu 2009 ketika MK pada 2008 mengeluarkan putusan untuk menetapkan pemenang pemilu legislatif berdasarkan suara terbanyak, bukan atas dasar nomor urut caleg yang ditentukan setiap partai.

"Lebih bijaksana kalau diberlakukan pada Pilpres selanjutnya. Kalau untuk Pemilu 2019, nanti bikin kacau. Ibarat kita main bola, sudah masuk lapangan, lalu direvisi aturannya," tutur pakar hukum tata negara itu.

Gugatan uji materi ini dilayangkan oleh sejumlah kalangan, antara lain mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Busyro Muqqodas dan Bambang Widjojanto, mantan Menteri Keuangan Chatib Basri, dan mantan pimpinan Komisi Pemilihan Umum Hadar Gumay.

Pada Januari 2018, MK sudah menolak gugatan dengan materi yang sama. Namun, para pemohon berkukuh kembali menguji ke mahkamah karena syarat yang diatur dalam Pasal 222 UU Pemilu itu dinilai bertentangan dengan UUD 1945. (OL-5)

Baca Juga

Dok UI

Payung Hukum Perlindungan Ideologi untuk Penanganan Maksimal Penanganan Terorisme

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 11:10 WIB
Pasalnya, pelaku teror sudah menanggalkan melakukan pendekatan kekerasan seperti...
ANTARA FOTO/Reno Esnir

KPK Panggil Gamawan Fauzi Terkait Kasus KTP-E

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Rabu 29 Juni 2022, 11:02 WIB
Dia dipanggil sebagai saksi untuk tersangka sekaligus Direktur Utama PT Sandipala Arthapura Paulus Tanos. Gamawan diharap memenuhi...
MI/Dero Iqbal Mahendra

Cegah Hoaks dan Ujaran Kebencian Bawaslu Perkuat Kehumasan

👤Dero Iqbal Mahendra 🕔Rabu 29 Juni 2022, 10:20 WIB
Dalam upaya mencegah terjadinya meluasnya hoaks dan ujaran kebencian seperti pada pemilu 2019 lalu, Bawaslu Jakarta Barat mengadakan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya