Jumat 18 Agustus 2017, 16:08 WIB

Pertemuan Para Presiden Simbol Ajakan untuk Kerja Bersama

Nur Aivanni | Politik dan Hukum
Pertemuan Para Presiden Simbol Ajakan untuk Kerja Bersama

PRESIDENTIAL PALACE/AGUS SUPARTO

 

PERTEMUAN antara Presiden Joko Widodo dan para mantan Presiden RI dalam perayaan hari ulang tahun Kemerdekaan RI yang ke-72, Kamis (17/8) kemarin, harus dibaca sebagai simbol ajakan kepada pemimpin-pemimpin nasional untuk kerja bersama membangun Indonesia.

"Pemimpin-pemimpin ini sudah mau menyatukan pandangan dan pendapat mereka untuk bekerja bersama membangun Indonesia," kata Wakil Ketua Fraksi DPR RI Johnny G Plate saat dimintai pendapatnya tentang pertemuan bersejarah itu, Jumat (18/8).

Ia pun meminta para elite politik dan jajaran pengurus di bawahnya harus mendukung semangat tersebut dan lebih mengedepankan kepentingan nasional ketimbang kepentingan partai atau kelompoknya. Johnny mencontohkan dalam pilkada ataupun pilpres, persaingan boleh saja tapi tetap dalam koridor yang benar untuk memenangkan persaingan tersebut.

"Bersaing boleh, berkompetisi boleh. Tapi menggunakan cara yang sehat. Jangan menggunakan cara yang memecah belah bangsa. Parpol seharusnya menghindari gunakan politik identitas. Tapi kedepankan politik gagasan," tegas Johnny.

Wasekjen DPP Partai NasDem Willy Aditya pun mengatakan hal senada. Ia menyampaikan bahwa dalam politik bisa saja berbeda satu sama lain, tapi untuk kepentingan bangsa dan negara semua pihak harus bersatu.

"Seharusnya apa yang dipertontonkan elite tersebut bisa menjadi trigger bagi fungsionaris parpol, policy dan isu yang diusung parpol. Prinsipnya berkompetisi dalam harmoni dan selalu mengedepankan kepentingan negara di atas golongan," tandasnya. (X-12)

Baca Juga

Antara

Alex Noerdin Bantah Memerintahkan Anggarkan Dana Rp100 Miliar Per Tahun

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 September 2021, 00:05 WIB
Menurut Alex, ia hanya menyarankan kepada Ketua BPKAD yang saat itu dijabat oleh Laoma L Tobing menyelesaikan pencairan dana...
Dok MI

Istana Restui Kapolri Rekrut Pegawai KPK yang Dipecat

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Selasa 28 September 2021, 23:24 WIB
"Sebuah upaya baik untuk menyelesaikan masalah secara musyawarah, humanis, dialogis," kata...
Antara

Ini Cerita Sesama Tahanan Soal Napoleon

👤Muhamad Fauzi 🕔Selasa 28 September 2021, 21:38 WIB
SELAMA 10 bulan berinteraksi dengan Irjen Napoleon Bonaparte di tahanan, aktivis demokrasi  Syahganda Nainggolan menilai sosok jendral...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kawin Kontrak Rendahkan Perempuan

 Kawin kontrak masih ditemukan di Kabupaten Cianjur. Usia pernikahan hanya dua bulan dengan uang mahar Rp15 juta

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya