Selasa 21 September 2021, 15:28 WIB

Bosch Perkenalkan Kampas Rem Berbanderol Ekonomis

mediaindonesia.com | Otomotif
 

Bosch Indonesia melalui divisi Automotive Aftermarket mengingatkan kembali pentingnya sistem pengereman pada kendaraan. Pasalnya perangkat penahan laju tersebut sangat vital peranannya dan menjadi salah satu komponen utama dalam hal keselamatan berkendara.

Oleh karena itu, dalam acara bertajuk 'Bosch Bengkel Talks 3: Bosch Brake Pad Reliable Braking Performance' yang digelar secara virtual, Selasa (21/9), Bosch berpesan kepada para pengguna kendaraan, khususnya kendaraan roda empat, untuk selalu memperhatikan komponen yang tekadang kerap terabaikan karena letaknya yang tersembunyi di balik pelek dan roda kendaraan tersebut.

Perangkat rem terdiri dari beberapa komponen, salah satunya adalah brake pads atau yang sering kali disebut sebagai kampas rem. Karena selalu digunakan, kampas rem yang satu ini memiliki masa pakai paling singkat dibanding komponen lain dalam sistem pengereman.

Menurut Product & Channel Marketing Manager at Bosch Automotive Aftermarket Indonesia Arditya Wicaktama, terdapat beberapa tanda yang mengindikasikan adanya masalah pada rem yang sudah memasuki waktu penggantian.

Tanda-tanda yang pertama menurut Ardi adalah berkurangnya kemampuan rem dalam menahan laju kendaraan, sehingga membutuhkan jarak yang lebih panjang dari biasanya untuk membuat kendaraan benar-benar berhenti.

Tanda-tanda lainnya berupa adanya bunyi-bunyian yang tak lazim seperti bunyi gesekan yang keras, terutama saat dilakukan pengereman, dan yang cukup berbahaya adalah gejala setir cenderung berubah arah saat pedal rem diinjak. "Bisa cenderung ke arah kiri, atau ke arah kanan saat pengemudi melakukan pengereman," jelas Arditya, Selasa (21/9).

Kalau sudah demikian, Arditya menyarankan untuk sesegera mungkin memeriksakan dan mengganti kampas rem agar kendaraan kembali aman dan nyaman digunakan.

Pria yang akrab disapa Ardi ini juga menyampaikan bahwa Bosch sudah berkecimpung di bidang komponen kendaraan sejak 90 tahun lalu. Produknya pun cukup lengkap, mulai dari brake pads, brake disc, hingga minyak rem. Bosch juga memiliki divisi Research & Development (R&D) Center untuk perangkat rem di Amerika Serikat, China, Jerman, dan Meksiko.

Dari pengalaman panjang tersebut, Bosch memperkenalkan produk brake pad yang diklaim memiliki performa dan kualitas setara produk Original Equipment Manufacturer (OEM), dengan harga yang lebih terjangkau, serta sesuai dengan kondisi di Indonesia.

Produk yang diberi nama Bosch Brake Pad Reliable Braking Performance ini diklaim memiliki beberapa kelebihan. Diantaranya adalah tidak mengandung bahan asbestos yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.

"Yang tak kalah menarik, kampas rem Bosch ini tidak meninggalkan debu hitam yang membuat pelek tampak kotor setiap mobil habis dijalankan," ujar Ardi berdasarkan pengalamannya. Bosch Brake Pad Reliable Braking Performance sudah tersedia di Indonesia untuk beragam merek dan jenis kendaraan. Sekitar 80% kendaraan yang ada di Indonesia sudah bisa menggunakan produk ini. (S-4)

Baca Juga

Antara

Intip Yuk Hyundai Creta yang Bakal Dirilis saat GIIAS November Mendatang

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 10:15 WIB
Hyundai bersiap untuk merilis model baru di Indonesia dalam waktu dekat, yakni Hyundai...
VIL

Delapan ATPM Mobil Andalkan V-Kool Jadi Kaca Film OEM  

👤RO 🕔Rabu 27 Oktober 2021, 23:39 WIB
Paket Original Equipment Manufacturer (OEM) V-Kool Silver Series sudah dipercaya sebagai kaca film standar bawaan pada mobil-mobil kelas...
MI/NURTJAHYADI-URSULA K

Resmikan Wuling Center di Indonesia Sambut Era Elektrifikasi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 27 Oktober 2021, 19:22 WIB
Wuling Center Jakarta merupakan Wuling Center pertama di dunia yang dibangun di luar...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menghadang Ganasnya Raksa

Indonesia masih menjadi sasaran empuk perdagangan ilegal merkuri, terutama dari Tiongkok dan Taiwan. Jangan sampai peristiwa Minamata pada 1956 di Jepang terjadi di sini.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya