Selasa 20 September 2022, 12:30 WIB

Edgar Xavier Berjanji Tampilkan yang Terbaik di World Cup Combat Sport University

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Edgar Xavier Berjanji Tampilkan yang Terbaik di World Cup Combat Sport University

ANTARA/Aditya Pradana Putra
Pewushu Indonesia Edgar Xavier Marvelo

 

SEBANYAK sembilan atlet (5 Taulo dan 4 Sanda) dikirimkan Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) untuk bertanding di kejuaraan World Cup Combat Sport University di Samsun, Turki, yang dijadwalkan bergulir pada 21-30 September 2022.

Di nomor Taolu, Edgar Xavier Marvelo, Seraf Naro Siregar, Alisya Mellynar, Nandhira Mauriskha, dan Eugenia Diva Widodo bakal unjuk kebolehan di kejuaraan yang berfokus pada cabang olahraga bela diri tersebut.

Edgar, yang kembali bertanding setelah sukses meraih medali emas di Kejuaraan Dunia Wushu 2022 yang dihelat di Alabama, Amerika Serikat (AS), Juli lalu, menyatakan sudah melakukan persiapan dengan baik selama di Jakarta. Dia pun bertekad menampilkan yang terbaik di Turki.

Baca juga: Badak Jawa Jadi Logo dan Maskot Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022

"Program latihan sudah berjalan sejak setelah SEA Games kemarin. Jadi, program latihan berlanjut dari SEA Games terus juga ada World Games dan terus berlanjut hingga World Cup Combat Sport University. Kita sudah berlatih instensif sepanjang program latihan dan kita akan berusaha yang terbaik di pertandingan nanti," ucap Edgar dalam keterangan resmi, Selasa (20/9).

Akan turun di turnamen terakhir pada 2022, sebelum kemudian berfokus pada turnamen 2023, seperti SEA Games dan Asian Games, Edgar menyatakan dirinya tidak memasang target dalam kejuaraan ini. Dia hanya ingin fokus pada pertandingan agar tidak melakukan kesalahan-kesalahan yang merugikannya dalam penilaian nanti.

"Untuk target di setiap pertandingan, targetku masih sama, kepengin bertanding yang terbaik dan maksimal agar saat pertandingan tidak ada kesalahan yang berakibat pemotongan nilai," tutur Edgar.

"Kalau untuk hasil, ini kan pertandingan Taolu dan penilaiannya subjektif, jadi biar para wasit juri yang menentukan juaranya," jelas Edgar.

Berbicara soal peta persaingan, Edgar mengatakan calon lawan-lawannya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan juga pastinya telah melakukan persiapan untuk kejuaraan ini. Karenanya dia menilai persaingan akan berlabgsung sengit dan sulit ditebak.

"Saya rasa semua negara memiliki kualitas yang sama, jadi menurut saya peta kekuatan  merata. Saya sih gak mau mikirin lawan hanya akan mencoba yang terbaik saja," tukasnya.

Saat ini, tim Wushu Indonesia telah tiba di Turki. Pada hari ini, Selasa (20/9), mereka dijadwalkan melakukan technical meeting sebelum kemudian memulai pertandingan pada Rabu (21/9) waktu setempat. (OL-1)

Baca Juga

DOK ONE PRIDE

Fight Night 63 Sajikan Duel Petarung Indonesia Kontra Tiongkok

👤Budi Ernanto 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 11:40 WIB
Pertarungan spesial International Fight ada di kelas Featherweight (65,8...
AFP/MANAN VATSYAYANA

MotoGP Thailand, Quartararo Tak Nyaman Dengan Motor Tunggangannya

👤Widhoroso 🕔Jumat 30 September 2022, 23:56 WIB
PIMPINAN klasemen sementara MotoGP, Fabio Quartararo belum mampu menunjukkan performa apik di latihan hari pertama MotoGP Thailand di...
AFP

Balapan Basah di Thailand Tak Untungkan Bagnaia

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Jumat 30 September 2022, 23:47 WIB
Francesco Bagnaia mengincar penebusan pada GP Thailand akhir pekan ini setelah kesalahannya terjatuh di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya