Kamis 26 Mei 2022, 19:35 WIB

Komit Akselerasikan Ekosistem Esports dan Kembangkan Potensi Talenta Digital

Mediaindonesia.com | Olahraga
Komit Akselerasikan Ekosistem Esports dan Kembangkan Potensi Talenta Digital

Dok.DG Esports
Tim esport Indonesia

 

TIM esport Indonesia sukses meraih medali perak di  SEA Games Vietnam 2021 lalu di nomor Free Fire.  Salah satu pemainnya merupakan atlet DG Esports bernama Muhammad Fikri Alief Pratama (DG.Reeva).

DG Esports mengaku memberikan dukungan penuh kepada DG.Reeva selama mengikuti tahap seleksi nasional untuk Timnas Free Fire Indonesia sampai  terpilih sebagai salah satu anggota tim Free Fire Rajawali.

Telkomsel melalui Dunia Games memaknai keberhasilan DG.Reeva dari DG Esports sebagai wujud nyata komitmen perusahaan dalam mengakselerasikan penguatan ekosistem esports dan pengembangan potensi talenta digital di Indonesia.

Pencapaian dan dukungan tersebut, menjadi wujud nyata komitmen Telkomsel melalui dunia gem dalam memperkuat ekosistem esports Tanah Air melalui pengembangan bakat talenta muda untuk mengukir prestasi di industri esports dan gaming skala internasional.

Vice President Digital Lifestyle Telkomsel Nirwan Lesmana mengatakan melalui Dunia Games mengucapkan selamat kepada DG.Reeva dan Timnas Indonesia yang telah berjuang mengharumkan bangsa pada ajang SEA Games Vietnam 2021 dalam cabang olahraga Esports Free Fire. "Tentunya, torehan prestasi ini sangat penting karena Indonesia mampu menunjukkan kepada dunia sejauh mana kapabilitas dan ekosistem esports yang telah dimiliki, termasuk skill dan kemampuan atlet Tanah Air. Semoga capaian ini juga dapat semakin mempererat seluruh pemangku kepentingan di industri esports, termasuk Dunia Games, agar dapat terus berjalan beriringan dan saling mendukung untuk kemajuan industri esports dan gaming di Indonesia secara inklusif dan berkelanjutan.”

DG.Reeva sudah menjadi bagian dari tim DG Esports sejak akhir  2021, setelah atlet asal Kendari tersebut berhasil menyabet medali emas pada PON XX Papua 2021 untuk cabang olahraga Esports Free Fire. Bersama tim DG Esports, DG.Reeva mampu mengembangkan kemampuannya dan menunjukkan konsistensinya hingga sukses menghantarkan DG Esports ke peringkat 6 Free Fire Master League (FFML) Divisi 2, sehingga DG Esports berhak mengikuti League Division Qualifier (LDQ) untuk FFML Divisi 1. 

Berkat keseriusan itu Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) pusat kemudian mengundang DG.Reeva untuk mengikuti Seleksi Nasional (Seleknas) untuk Timnas Free Fire Indonesia di ajang SEA Games Vietnam 2021.

DG Esports sendiri merupakan tim esports yang berdiri sejak  2017 yang diprakarsai oleh Dunia Games. DG Esports memiliki 5 divisi gim yang terdiri dari berbagai genre seperti PUBGM, Mobile Legends, Free Fire, Call of Duty Mobile, dan Arena of Valor. 

Sampai dengan saat ini, tim esports yang dinaungi oleh Dunia Games tersebut berhasil mencatatkan beberapa prestasi dalam ajang esports seperti 1st  Place - Free Fire Good Day Well Played x GGWP (2020), 1st  Place - Garena CODM Major Series Season 3 (2020) dan Season 4 (2021), 1st Place - PUBGM WEC Korea (2021), 1st  Place - Mobile Legends ESL Championship (2020).
Sebagai bentuk komitmen Dunia Games dalam membuka peluang lebih luas bagi talenta lokal untuk berkembang, DG Esports memberikan dukungan penuh kepada DG.Reeva selama mengikuti tahap Seleknas yang berlangsung sekitar 3 minggu. Baik dukungan secara moral maupun materi diberikan secara optimal oleh DG Esports guna mendukung performa DG.Reeva, sampai kepada diumumkannya bahwa atlet esports berusia 23 tahun tersebut terpilih sebagai salah satu pemain Timnas Indonesia Free Fire Rajawali.

"Saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak atas dukungannya selama ini, mulai dari PBESI, staff kepelatihan Timnas, rekan seperjuangan di Tim Garuda & Rajawali, manajemen tim DG Esports, serta tak ketinggalan kedua orangtua yang telah mendoakan. Saya pun berharap ke depannya dapat membantu DG Esports untuk lebih meningkatkan prestasinya dalam industri esports Tanah Air. Salah satunya adalah membawa DG Esports naik level untuk berkompetisi di Divisi 1 FFML," ujar DG.Reeva.

Telkomsel sebagai society enabler akan terus mendorong pemberdayaan talenta esports Tanah Air melalui berbagai dukungan dan penyelenggaraan event kejuaraan Dunia Games, mulai dari tingkat regional maupun nasional, guna membuka peluang lebih luas bagi seluruh talenta esports Tanah Air dalam mengoptimalkan berbagai potensi yang dimiliki. 

Upaya ini sejalan dengan komitmen Telkomsel dalam memperkuat ekosistem esports dan pertumbuhan industri game di Indonesia dengan memanfaatkan solusi teknologi terintegrasi guna mendorong kemajuan ekonomi kreatif nasional," tutup Nirwan. (RO/A-1)

Baca Juga

AFP/SEBASTIEN BOZON

Murray Tersingkir di Putaran Kedua Wimbledon

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 30 Juni 2022, 06:11 WIB
Juara Wimbledon dua kali asal Inggris itu kesulitan menghadapi petenis jangkung asal Amerika Serikat (AS). Murray bahkan gagal sama sekali...
AFP/Adrian DENNIS

Jabeur Melaju ke Putaran Ketiga Wimbledon

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 30 Juni 2022, 05:48 WIB
Petenis Tunisia berusia 27 tahun, yang menjadi juara di turnamen lapangan rumput di Berlin, awal bulan ini, sempat dua kali dipatahkan...
AFP/SEBASTIEN BOZON

Raducanu Tersingkir di Putaran Kedua Wimbledon

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 30 Juni 2022, 04:59 WIB
Unggulan kesepuluh yang dihantui cedera menjelang Wimbledon, dipatahkan servisnya lima kali dalam laga di Centre Court oleh lawannya yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya