Sabtu 14 Mei 2022, 14:08 WIB

Tim RI Siap Hadapi Wakil India di Final Piala Thomas

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Tim RI Siap Hadapi Wakil India di Final Piala Thomas

Antara
Pebulu tangkis Indonesia, Rhustavito, saat mengembalikan kok ke arah lawan.

 

TIM Indonesia akan berjuang mempertahankan gelar juara Piala Thomas dengan menghadapi India. Tepatnya, dalam babak final kejuaraan Piala Thomas dan Uber 2022, yang bergulir di Impact Arena, Thailand.

Keberhasilan Hendra Setiawan dkk merebut tiket final, didapati setelah mereka sukses menumbangkan Jepang di babak semifinal dengan kedudukan 3-2. Tunggal Putra Indonesia, Shesar Hiren Rhustavito, berhasil menjadi penentu kemenangan Indonesia atas Jepang.

Shesar berhasil menang atas tunggal putra Jepang, Kodai Naraoka, dalam pertarungan di partai terakhir dengan kedudukan 21-17 dan 21-11. Sementara dua kemenangan tim Thomas lainnya, behasil disumbangkan lewat tunggal putra Anthony Ginting dan pasangan ganda putra Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya.

Baca juga: MTB Indonesia Lakukan Adaptasi dan Jajal Lintasan di SEA Games Vietnam

"Kita bersyukur atas keberhasilan ini (melaju ke babak final). Terima kasih atas perjuangan semua pemain, pelatih dan tim pendukung yang mengantarkan Indonesia ke final," ujar Ketua Harian PP PBSI Alex Tirta dalam keterangan resmi, Sabtu (14/6).

Menghadapi India di partai final, tim Thomas Indonesia tidak bisa memandang sebelah mata calon lawannya tersebut. Apalagi, India tengah mengincar Piala Thomas pertama mereka. Dalam perjalanan menuju babak final, India mampu tampil gemilang.

Jika menurunkan komposisi pemain terbaik pada laga final besok, Anthony Ginting yang merupakan tunggal pertama Indonesia, memungkinkan untuk menghadapi tunggal putra pertama India, yakni Lakshya Sen.

Melihat catatan peringkat kedua pemain, Anthony tentu akan lebih difavoritkan untuk merebut juara. Pasalnya, saat ini dia menduduki peringkat 5 dunia, sementara Lakshya berada di peringkat 9 dunia. 

Baca juga: Timnas Hoki Putra Raih Tiket ke Asian Games 2022

Namun, dalam pertemuan terakhir mereka di Jerman Terbuka 2022, Lakshya berhasil menumbangkan Anthony dengan kedudukan 21-7 dan 21-9. Selain Anthony, Indonesia juga memiliki dua tunggal putra kuat lainnya, yakni Jonatan Christie dan Rhustavito. 

Di lain sisi, tim India memiliki Kidambi Srikant dan Prannoy H S. Pada nomor ganda putra, tim Thomas Indonesia memiliki dua pasangan racikan baru. Absennya pebulu tangkis ganda putra nomor satu dunia Marcus Gideon akibat operasi engkel di Portugal, membuat Kevin Sanjaya memiliki pasangan baru.

Dalam pertandingan di babak penyisihan grup, Kevin sempat berpasangan denga juara All England 2022 yakni Bagas Maulana. Duet Kevin/Bagas pun berbuah manis, di mana mereka sukses merebut kemenangan atas pasangan Thailand Peeratchai Sukphun/Pakkapon Teeraratsakul.

Baca juga: Tiba di Vietnam, Tim Bulu Tangkis RI Dipastikan Sehat

Selain berpasangan dengan Bagas, Kevin juga dipasangkan dengan ganda putra nomor dua dunia Mohammad Ahsan. Dalam tiga pertandingan yang mereka lakoni, Ahsan/Kevin sukses merebut dua kemenangan, yakni saat berhadapan pasangan Tiongkok Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (perempat final), serta pasangan Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (semifinal).

Selain dua pasangan racikan baru itu, Indonesia juga memiliki ganda putra kuat lainnya. Rinciannya, pasangan nomor dua dunia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan juga pasangan juara All England 2022 Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana.

Sementara tim India juga memiliki sejumlah ganda putra yang tak kalah kuat. Seperti, pasangan peringkat delapan dunia Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty hingga pasangan M R Arjun/Dhruv Kapila.(OL-11)
 

Baca Juga

Twitter @INABadminton

Ganda Putri Apriyani/Fadia bawa Tim Putri Indonesia Imbangi Vietnam 1-1

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Selasa 17 Mei 2022, 12:00 WIB
Apriyani/Fadia hanya membutuhkan waktu 28 menit untuk mengunci kemenangan atas pasangan Pham Thi Khanh/Than Van Anh dengan skor akhir 21-3...
MI/Dok PB ESI

Tiba di Tanah Air, Timnas Esports Free Fire Dapat Sambutan Meriah

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Selasa 17 Mei 2022, 10:55 WIB
Timnas Esport nomor Free Fire sukses merebut medali emas dan perak dari SEA Games 2021...
ANTARA/M Risyal Hidayat

Aldila Sutjiadi akan Tampil di Prancis Terbuka

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 17 Mei 2022, 10:45 WIB
Di Prancis Terbuka, Aldila Sutjiadi akan tampil di nomor ganda putri, berpasangan dengan petenis Jepang Miyu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya