Senin 12 Januari 2015, 10:25 WIB

Rekor Baru Novak Djokovic

MI/GHANI NURCAHYADI | Olahraga
Rekor Baru Novak Djokovic

Petenis tunggal putra nomor satu dunia Novak Djokovic mencetak rekor sebagai petenis pertama yang mampu memenangi turnamen grand slam Australia Terbuka sebanyak 5 kali di era tenis profesional.

Petenis Serbia itu membuat rekor itu dengan mengalahkan Andy Murray dalam partai puncak di Rod Laver Arena, Melbourne, kemarin.

Gelar grand slam kedelapan itu dipastikan Djokovic setelah bermain selama 3 jam 39 menit dan menutup pertandingan dengan skor 7-6, 6-7, 6-3, dan 6-0.

Kemenangan ini menjadi yang ke-16 dari 24 pertemuannya dengan Murray dan yang ketiga di final Australia Terbuka.

Djokovic kini hanya terpaut satu gelar lagi dari Roy Emerson yang merupakan pengumpul gelar juara terbanyak di Australia Terbuka.

Namun, Emerson yang gantung raket pada 1983, mendapatkan enam gelar di Melbourne Park saat Australia Terbuka masih berstatus sebagai turnamen amatir.

"Saya sangat bersyukur bisa berdiri di tengah-tengah lapangan ini sebagai juara untuk kelima kali dan mampu menyamai raihan para legenda yang juga hadir saat ini, seperti Roy Emerson dan Rod Laver juga legenda lainnya di olahraga tenis," kata Djokovic seusai laga.

Meski mendominasi pertandingan, Djokovic tetap memberikan kredit bagi perlawanan Murray yang gigih untuk mengejar gelar grand slam ketiganya.

Perlawanan ketat Murray terlihat pada dua set pertama serta paruh pertama set ketiga.

Setelah itu, Djokovic memegang kontrol permainan dengan memenangi 9 gim secara beruntun sebelum menyudahi perlawanan Murray.

Djokovic bukan tanpa hambatan di pertandingan itu, kegigihannya mengejar bola harus dibayar dengan perawatan di pergelangan tangannya pada awal set kedua akibat mengejar bola pukulan Murray yang jatuh dekat net.

Djokovic juga mesti berurusan dengan pergelangan kakinya yang sempat terasa sakit pada set kedua.

Namun, bukan hanya Djokovic yang mengalami masalah. Murray yang kehilangan momentum dan pola permainan terbaiknya menjelang akhir laga, menimbulkan sejumlah pertanyaan mengenai kebugaran petenis asal Skotlandia itu. Terlebih petenis 27 tahun tersebut baru saja pulih dari cedera punggung.

Kegagalan mempertahankan permainan agresif di partai penentuan, membuat Murray harus menelan kekalahan keempat dari empat kali penampilan di final Australia Terbuka.

"Ini merupakan grand slam paling konsisten dalam karier saya, tapi sayangnya saya belum dapat memenanginya. Namun, saya mendapat dukungan yang luar biasa di sini. Saya tidak akan lelah untuk mencoba lagi tahun depan dan berharap hasil akhirnya berbeda dari tahun ini," ujar Murray.

Ganda campuran
Di nomor ganda campuran, pasangan Martina Hingis (Swiss)/Leander Paes (India) sukses mematahkan dominasi juara bertahan Kristina Mladenovic (Prancis) dan Daniel Nestor (Kanada).

Tanpa banyak kesulitan, Hingis/Paes meraih kemenangan 6-4, 6-3. Ini merupakan gelar grand slam pertama bagi pasangan baru ganda campuran itu.

"Pemahaman kami atas satu-sama lain sangat menakjubkan. Hingis seakan tahu ke mana saya akan bergerak dan sebaliknya saya pun tahu kemana Hingis akan bergerak," kata Paes yang kini telah mengoleksi tiga gelar juara ganda campuran di Melbourne Park.

Baca Juga

AFP/Brenton EDWARDS

Dapat Reaksi Keras Warga Australia, Djokovic Bela Diri

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 21 Januari 2021, 08:57 WIB
Djokovic dilaporkan meminta pengurangan periode isolasi dan meminta petenis yang diisolasi ketat, agar dipindahkan ke rumah pribadi dengan...
AFP/Thomas SAMSON

Putintseva Keluhkan Tikus di Hotel Isolasi Australia Terbuka

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 21 Januari 2021, 08:14 WIB
Putintseva membagikan rekaman gambar dari kejadian itu di media sosial, dengan terlihat tikus yang melompat keluar dari balik lemari...
AFP/Handout

Hari Ini, 10 Wakil Indonesia Tampil di Thailand Terbuka II

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 21 Januari 2021, 07:32 WIB
Pada babak 16 besar yang dimulai pukul 9.00 WIB di Impact Arena, Bangkok, Indonesia masih punya wakil lengkap di lima...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya