Selasa 26 Januari 2016, 06:27 WIB

Federer Ajarkan Filosofi Tenis kepada Buah Hati

Ghani Nurcahyadi | Olahraga
Federer Ajarkan Filosofi Tenis kepada Buah Hati

AFP/FIONA HAMILTON /TENNIS AUSTRALIA

 

DUA putri kembar maestro tenis asal Swiss Roger Federer, Myla dan Charlenne, yang mendatangi tempat latihan sang ayah di Melbourne Park, tiba-tiba meminta petenis peringkat 3 dunia itu melakukan sejumlah trik. Kedua gadis berusia 6 tahun itu meminta Federer melakukan pukulan ke arah berlawanan dari pandangan matanya.

Tidak langsung melakukanya, Federer hanya menjawab, “Oke, ayah akan coba melakukannya, tapi ingat, ini tidak semudah yang kalian bayangkan, tapi saya akan mencoba untuk melakukannya.“

“Mereka sering memberikan saya saran dalam bermain, mereka bagaikan pelatih bagi saya. Beberapa waktu lalu, mereka memberikan saran kepada saya untuk lebih banyak bermain di depan garis (baseline). Saya hanya bilang kepada mereka, saya akan coba melakukan itu,” kata petenis 34 tahun yang sudah mengoleksi 17 gelar juara grand slam itu selama 20 tahun berkarier di dunia tenis profesional.

Myla dan Charlene dan dua adik lakik-lakinya yang juga kembar memang tidak pernah jauh-jauh dari Federer dan Mirka, istrinya. Mereka selalu diajak ke mana pun Federer bertanding. Karena itulah, mereka terkadang ikut ‘menganggu’ Federer saat berlatih. Sejumlah saran unik pun kadang dilontarkan oleh dua putrinya yang senang membaca buku itu.

Ada hal lain yang diinginkan Federer dengan mengajak seluruh keluarganya ke mana pun ia bertanding. Federer ingin memperkenalkan filosofi tenis kepada keempat buah hatinya. Salah satunya ialah selalu bekerja keras jika ingin mencapai impian.

Hal itu dibuktikan Federer di usianya yang menginjak kepala tiga, saat sebagian besar petenis memilih gantung raket, Federer menunjukkan dominasinya di lapangan tenis. Pukulan backhand satu tangannya masih menyulitkan lawan dan permainannya masih enak untuk dinikmati.

Penampilan itu didapatkan Federer dengan latihan keras yang terus dia jalani hingga saat ini. Ia pun kini mencatat rekor sebagai petenis pria pertama yang memperoleh 300 kemenangan di turnamen grand slam.

“Saya mengadakan percakapan dengan mereka dan mengatakan, mereka bisa ke mana saja bila bekerja dengan keras. Saya katakan kepada mereka bahwa mereka bisa menjadi apa pun yang mereka mau asalkan mereka bekerja keras untuk mendapatkannya. Saya rasa mereka perlu tahu, apa pun yang mereka pilih, mereka harus tetap bekerja keras,“ tegasnya.

Di usia yang masih sangat belia, keempat buah hati Federer tampaknya mulai mengerti arti kerja keras untuk mendapatkan impian. Jadi, saran unik apa lagi yang ditawarkan oleh Myla dan Charlenne kepada Federer? (AP/R-2)

Baca Juga

AFP

Timnas RI Diharapkan Raih Lebih dari Satu Gelar di BWF World Tour Finals

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Jumat 02 Desember 2022, 21:48 WIB
Skuad Merah Putih tercatat bakal menurunkan 7 wakil di World Tour Finals edisi 2022, dengan kejuaraan akan berlangsung di Thailand pada...
AFP/Valery HACHE

Ada Olimpiade, Tour de France 2024 tidak Finis di Paris

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 02 Desember 2022, 15:15 WIB
Tour 2024 juga akan diakhiri kemungkinan dengan individual time-trial yang menentukan alih-alih sprint finis seperti biasanya sebanyak...
AFP/Patrick McDermott/Getty Images

Pulih Dari Cedera, Middleton Dilaporkan Segera Melantai Bersama Bucks

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Jumat 02 Desember 2022, 13:45 WIB
Middleton sudah tidak bermain sejak mengalami cedera lutut kanan pada pertandingan playoff saat Bucks menghadapi Chicago Bulls, Oktober...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya