Minggu 24 Januari 2016, 15:15 WIB

Jalan Rio Menuju F1 kembali Terbentang

MI | Olahraga
Jalan Rio Menuju F1 kembali Terbentang

Antara/Puspa Perwitasari

 

PERJUANGAN pembalap muda Indonesia Rio Haryanto untuk bisa berlaga di ajang balap mobil paling bergengsi di dunia, Formula 1, akhirnya menemui titik terang. Setelah Rio menemui kebuntuan akibat adanya keterbatasan dana untuk memenuhi kontrak kerja sama dengan pihak Manor Grand Prix Racing Ltd, Kementerian Pemuda dan Olahraga bersedia memberikan bantuan dana melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) sebesar Rp100 miliar atau setara dengan 6,6 juta euro.

Biaya kontrak antara Manor dan Rio Haryanto sesungguhnya sebesar 15 juta Euro. Pertamina sebagai sponsor utama Rio hanya bisa membantu sebesar 5,2 juta euro. Itu artinya pembalap berusia 22 tahun itu masih butuh dana sebesar 9,8 juta euro.

Namun, untuk membayarkan uang muka kepada pihak Manor sebesar 3 juta Euro, Pertamina meminta jaminan dari badan usaha milik negara dan swasta untuk membayarkan dana sisanya sebesar 9,8 juta euro.

"Waktu itu yang diharapkan Pertamina ialah kejelasan. Dengan adanya MoU antara pemerintah dan KONI untuk membayarkan Rp100 miliar (6,6 juta euro), itu berarti sudah ada kejelasan. Dari pihak Bu Indah (Kiky Sports) menyanggupi sisanya (3,3 juta euro)," ujar Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Gatot S Dewa Broto saat dihubungi Media Indonesia, kemarin.

Gatot pun menambahkan belum tahu pasti kapan PT Pertamina akan membayarkan uang muka kepada pihak Manor. Namun, batas akhir pembayaran uang muka ialah pekan ini.

"Pemerintah sudah bisa menjamin akan dibayarkannya DP oleh Pertamina. Kapan? Kami minta Kiky Sport agar menunda pembayaran uang muka kepada pihak Manor sampai Senin mendatang.(Rul/R-3)

Baca Juga

AFP

Timnas RI Diharapkan Raih Lebih dari Satu Gelar di BWF World Tour Finals

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Jumat 02 Desember 2022, 21:48 WIB
Skuad Merah Putih tercatat bakal menurunkan 7 wakil di World Tour Finals edisi 2022, dengan kejuaraan akan berlangsung di Thailand pada...
AFP/Valery HACHE

Ada Olimpiade, Tour de France 2024 tidak Finis di Paris

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 02 Desember 2022, 15:15 WIB
Tour 2024 juga akan diakhiri kemungkinan dengan individual time-trial yang menentukan alih-alih sprint finis seperti biasanya sebanyak...
AFP/Patrick McDermott/Getty Images

Pulih Dari Cedera, Middleton Dilaporkan Segera Melantai Bersama Bucks

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Jumat 02 Desember 2022, 13:45 WIB
Middleton sudah tidak bermain sejak mengalami cedera lutut kanan pada pertandingan playoff saat Bucks menghadapi Chicago Bulls, Oktober...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya