Selasa 16 April 2019, 10:00 WIB

Jadi Juara di Mongolia, Dua Pecatur Indonesia Lolos Piala Dunia

Antara | Olahraga
Jadi Juara di Mongolia, Dua Pecatur Indonesia Lolos Piala Dunia

ANTARA/Ismar Patrizki
GM Susanto Megaranto

 

PENGURUS Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) menilai hasil kejuaraan Asian Chess Championship Fide Zone 3.3 di Ulaanbator, Mongolia, Senin (15/4), menunjukkan kualitas atlet catur Indonesia saat ini.    

Pada kejuaraan tersebut, dua pecatur andalan Indonesia yaitu GM Susanto Megaranto dan WGM Medina Warda Aulia sukses menjadi yang terbaik dan keduanya juga memastikan diri lolos ke Piala Dunia Catur 2020 di Rusia.

"Hasil pertandingan Zona 3.3 menunjukkan kualitas terbaik tim catur Indonesia. Tiket menuju piala dunia bisa didapatkan Indonesia atas nama GM Susanto Megaranto dan WGM Medina Warda Aulia," kata Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PB Percasi Kristianus Liem dalam keterangan resmi.    

Menurut dia, prestasi yang diraih Susanto dan Medina merupakan buah kerja keras. Apalagi keduanya mendapatkan lawan yang cukup tangguh pada kejuaraan yang berlangsung dalam sembilan babak itu.   

Baca juga: Japfa Dukung Tim Catur Indonesia Raih Dua Tiket Piala Dunia

GM Susanto Megaranto mengamankan posisinya di peringkat pertama setelah mengalahkan pecatur tuan rumah Mongolia, IM Bilguun Sumiya dalam pertandingan selama lebih dari 5 jam.        

Perjuangan lebih berat harus dilalui oleh WGM Medina Warda Aulia. Meski demikian, pecatur putri andalan Indonesia itu tetap sukses mengalahkan pecatur tuan rumah IM Munguntuul Batkhuyag.    

"Di babak kesembilan, Medina berhasil mendapatkan poin 7 dan menduduki posisi puncak klasemen. Namun, posisi kedua juga mendapatkan poin yang sama. Maka untuk memperebutkan tiket piala dunia harus dilakukan playoff tanding tambahan selama 15 menit pertandingan," kata Chief de Mission Tim Catur Indonesia, R Artsanti Alif.    

Menurut Artsanti yang juga menjabat sebagai Head of Social Investment JAPFA itu, Medina akhirnya berhasil merebut tiket menuju Piala Dunia 2019 setelah berhasil melalui pertarungan tiga babak yang menegangkan.

Dua babak pertama berakhir remis, sedangkan babak terakhir dimenangkan Medina. (OL-2)    

Baca Juga

AFP

Alami Cedera, Naomi Osaka Mundur di Kanada Terbuka

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 15:14 WIB
Petenis asa Jepang itu menderita cedera punggung dan terpaksa menghentikan...
AFP

Serena Willams Umumkan Segera Pensiun

👤Dhika KW 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 15:03 WIB
Pengumuman Williams diungkap lewat unggahan media sosialnya menyusul artikel yang dirilis majalah...
AFP

Kyrgios Tantang Medvedev di Putaran Kedua Kanada Terbuka

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 15:00 WIB
Nick Kyrgios, petenis asal Australia, menantang Daniil Medvedev dalam tren positif, seusai meraih gelar ATP Washington Terbuka dan Los...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya