Senin 15 April 2019, 21:45 WIB

Japfa Dukung Tim Catur Indonesia Raih Dua Tiket Piala Dunia

Mediaindonesia.com | Olahraga
Japfa Dukung Tim Catur Indonesia Raih Dua Tiket Piala Dunia

Ist
GM Susanto Megaranto dan WGM Aulia Medina Warda akan mewakili Indonesia di Piala Dunia Catur di Rusia.

 

TIM Indonesia akhirnya berhasil menjadi pemenang Asian Chess Championship Fide Zone 3.3. Keberhasilan itu membuat Indonesia mendapatkan tiket untuk ikut Piala Dunia Catur 2019 di Rusia, September-Oktober mendatang.

Kabar gembira tersebut disampaikan Chief de Mission Tim Catur Indonesia, R Artsanti Alif.

"Akhirnya WGM Aulia Medina Warda mendapatkan tiket untuk menuju Piala Dunia Catur, setelah melalui pertarungan sengit dengan IM Munguntuul Batkhuyag dari Mongolia," ujar Artsanti dengan nada gembira ketika dihubungi Senin (15/4) malam.

Menurut Artsanti, pada babak kesembilan atau terakhir pada kejuaraan yang berlangsung di Ulaanbator, Mongolia itu, Medina berhasil mendapatkan poin 7 dan menduduki posisi puncak klasemen.

Namun, perebutan posisi puncak itu harus dilakukan melalui pertandingan playoff selama 15 menit karena pesaingnya di peringkat kedua juga mendapatkan nilai yang sama.

"Medina akhirnya berhasil merebut tiket menuju Piala Dunia 2019 setelah berhasil melalui pertarungan tiga babak yang menegangkan. Dua babak pertama berakhir remis, sedangkan babak terakhir dimenangi oleh Medina dengan pertandingan yang cukup ketat," imbuh Artsanti yang juga menjabat sebagai Head of Social Investment Japfa ini.

Sementara di kelompok putra, andalan Merah Putih GM Susanto Megaranto berhasil mengamankan posisinya di peringkat pertama setelah mengalahkan pecatur tuan rumah IM Bilguun Sumiya dalam pertarungan lebih dari 5 jam.


Baca juga: Marcus Gideon dkk Terima Susulan SK CPNS Kemenpora

 

Pada kejuaraan Asia zona 3.3 ini, pecatur Mongolia merupakan lawan tanding yang kuat bagi Indonesia meski usia mereka rata-rata masih terbilang muda. Hal itu diungkapkan Kristianus Liem, Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PB Percasi.

Menurut Kris, kemenangan Indonesia kali ini merupakan perjuangan keras Tim Indonesia di bawah dukungan Japfa selama lebih dari sembilan hari.

"Medina dan Susanto menang di Armagedon, pertandingan keras yang dilampaui oleh pecatur Indonesia. Sejarah baru tercipta di Ulaanbator, Indonesia berhasil mendapatkan dua tiket menuju Piala Dunia Catur 2019 di Rusia," kata Kris.

Pertandingan di babak kesembilan atau terakhir, Tim Indonesia berhasil mencatatkan empat kemenangan dan dua kekalahan. Selain GM Susanto dan WGM Medina, kemenangan diperoleh Surya Wahyudi yang mengalahkan Anand Basukh dan IM Irene Kharisma Sukandar yang menang atas FM Altantuya Boldbataar.

Sedangkan WIM Chelsie Monica dan IM Priasmoro Novendra terpaksa harus menerima kekalahan di babak terakhir.

"Hasil pertandingan Zona 3.3 menunjukkan kualitas terbaik Tim Catur Indonesia. Terima kasih kepada Japfa karena telah memberikan kesempatan kepada PB Percasi untuk mengirimkan pecatur terbaiknya ke Zona 3.3 dan tiket menuju Piala Dunia bisa didapatkan Indonesia atas nama GM Susanto Megaranto dan WGM Aulia Medina," tutup Kris. (RO/OL-1)

Baca Juga

AFP/Lillian SUWANRUMPHA

Rebut Pole Position, Leclerc Berpeluang Tunda Pesta Verstappen Di Singapura

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 22:30 WIB
HASIL memuaskan didapat Charles Leclrec pada kualifikasi balap Formula 1 GP Singapura, Sabtu...
MI/M. Iqbal Al Machmudi

Pegadaian Gelar Lomba Lari Pre Event Pegadaian Djakarta Coffee's Run 2023

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 22:25 WIB
PT Pegadaian (Persero) menggelar lomba Fun Run 5K di kawasan Kuningan, Jakarta, Sabtu...
DOK ONE CHAMPIONSHIP

Jing Nan Pertahankan Gelar Juara Dunia Women’s Strawweight

👤Budi Ernanto 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 21:30 WIB
Mikey Musumeci menjadi juara dunia One Flyweight Submission Grappling pertama dengan kemenangan mutlak atas rival lamanya Cleber...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya