Selasa 03 Januari 2023, 22:46 WIB

Tiga Perusahaan Kantongi Izin Bangun Hunian di IKN

Andhika prasetyo | Nusantara
Tiga Perusahaan Kantongi Izin Bangun Hunian di IKN

dok.medcom
Desain Istana Presiden di Ibu Kota Negara yang baru.

 

KEPALA Badan Otorita Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono mengungkapkan ada tiga perusahaan yang sudah memperoleh Surat Izin Prakarsa Proyek (SIPP) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) untuk membangun perumahan di ibu kota baru.

Tiga perusahaan itu meliputi PT Summarecon Agung, konsorsium lokal CCFG Corp-PT Risjadson Brunsfield Nusantara (CCFG-RBN) dan Korea Land and Housing Corporation (KLHC).

Baca juga: Pj Gubernur DKI Lanjutkan Program Normalisasi Sungai di Jakarta

"Ada tiga perusahaan. Dari tiga perusahaan itu, yang lokal ada Summarecon (Agung). Kemudian, ada konsorsium lokal Risjadson Brunsfield Nusantara. Satu lagi Korea Land Housing (Corporation). Itu murni dari luar negeri," ujar Bambang di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (3/1).

Sedianya, secara total, ada 59 investor yang menyatakan niat dengan mengirimkan Letter of Intent. Namun, hinga saat ini, selain tiga perusahaan yang sudah disebutkan, belum memperoleh izin.

"Dalam antrean ada beberapa, tapi belum bisa kita umumkan kalo belum ada surat izin.

Jadi, kita bertahap," sambung mantan Wakil Presiden Asian Development Bank itu.

Bambang menambahkan pembangunan hunian merupakan salah satu proyek prioritas di IKN yang ditujukan kepada para investor. Itu sejajar dengan pengelolaan air minum, kelistrikan, telekomunikasi, pengolahan limbah, dan transportasi.

"Kemudian ada yang high priority yaitu sekolah, rumah sakit dan fasilitaa gaya hidup seperti tempat olahraga, taman, mall yang tujuannya untuk hiburan," tandasnya. (OL-6)

Baca Juga

kendalkab.go.id

Kendal Jadi Episentrum Ekonomi Baru di Jawa Tengah

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 07:20 WIB
Kawasan Industri Kendal, sampai dengan periode Januari 2023, telah menembus angka US$2,55 miliar dan menyerap 25.000 tenaga...
MI/Palce Amalo

BI: Ekonomi NTT Tetap Kuat Hadapi Lonjakan Inflasi Tekanan Global

👤Palce Amalo 🕔Rabu 08 Februari 2023, 06:25 WIB
KANTOR Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Timur melaporkan kinerja ekonomi daerah itu masih menunjukkan ketahanan yang cukup...
MI/Adi Kristiadi

Mardiono Sowan ke Pimpinan Ponpes Sukahideng: Optimis PPP Jaya Lagi

👤Adi Kristiadi 🕔Rabu 08 Februari 2023, 06:10 WIB
Plt Ketum PPP Muhamad Mardiono mendapat arahan dari Pimpinan Ponpes Sukahideng, Tasikmalaya untuk terus mendekatkan diri kepada para kiai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya