Senin 02 Januari 2023, 20:35 WIB

Sragen Operasikan Pasar Terpadu Sukowati

Widjajadi | Nusantara
Sragen Operasikan Pasar Terpadu Sukowati

MI/WIDJAJADI
Pasar Terpadu Sukowati, Sragen, Jawa Tengah, mulai dioperasikan setelah proses renovasinya tuntas

 

PASAR Terpadu Nglangon, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, diresmikan Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Senin (2/1).

Pembangunan kembali pasar itu menelan anggaran hingga Rp33 miliar. Beragam cerita mengiringi progres renovasinya.

Satu di antaranya soal target penyelesaian yang seharusnya tuntas pada Desember 2022. Pasar ini merupakan gabungan dari tiga pasar, yakni Nglangon, Joko Tingkit dan Pasar Renteng.

Penyelesaian yang tersendat, membuat PT Darlin Ayudia, pelaksana proyek harus menambah 400 pekerja untuk menggelar percepatan penyelesaian.

"Alhamdulillah, pasar terpadu dengan nama Pasar Sukowati hari ini diresmikan. Gedung pasar ini merupakan gabungan 3 pasar. Untuk pasar Nglangon, nantinya akan kita jadikan sentra batik," ujar Bupati Yuni.


Pasar Nglangon di sejumlah bagian, sebelum direnovasi juga dikenal sebagai tempat transaksi prostitusi. Karena itu, renovasi total itu, juga bagian merubah citra, sekaligus menghilangkan stigma negatif yang sebelumnya menempel.
 
Usai diresmikan, nanti akan ada pembagian zonasi sepeda, zonasi bambu, zonasi kayu, burung, dan seterusnya, sebelum akhirnya dilakukan boyongan pedagang. "Bisa saja nanti sebelum boyongan ada pertunjukkan wayang kulit," imbuh Yuni.
 
Kini, Pasar Sukowati terlihat luas, menyenangkan serta ramah anak. Bagian pelatarannya bisa untuk berolahraga di  waktu pagi, dan bagian depan untuk main mobil-mobilan.  
 
Terkait Pasar Nglangon sebagai sentra batik, Sekda Sragen Hargiyanto mengatakan, telah disiapkan dana anggaran bersumber dari APBN sebesar Rp20 miliar, pada 2023 ini.
 
Nantinya sebagai pusat perniagaan batik, Nglangon akan disulap menjadi tiga lantai. Pembangunan dimulai setelah pedagang pindah di Pasar Terpadu. (N-2)

 

Baca Juga

Dok. BSKDN Kemendagri

Evaluasi Penilaian IGA 2022 Pemkot Mojokerto, BSKDN Minta Kolaborasi OPD Ditingkatkan

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 23:19 WIB
Dalam arahannya, Yusharto mengatakan inovasi perlu dimasukkan dalam Perjanjian Kerja (PK) sehingga masing-masing OPD dapat termotivasi...
dok.Pemprov Jateng

Tekan Inflasi dan Pastikan Ketersediaan Beras di Jateng, Ganjar Gandeng BULOG

👤Haryanto 🕔Rabu 08 Februari 2023, 22:54 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo terus berupaya menekan angka inflasi di Jateng. Kali ini menggandeng BULOG untuk mengatasi...
Antara

Sebelum Dievakuasi, 15 Pekerja Puskesmas Paro Ditolong Pendeta

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 08 Februari 2023, 22:42 WIB
Diketahui, belasan pekerja proyek pembangunan puskesmas di Distrik Paro, Kabupaten Nduga, sempat dicurigai KKB sebagai personel TNI...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya