Senin 14 November 2022, 14:50 WIB

Gandeng GEM, UID Luncurkan Knowledge Innovation Technology Alliance di Bali

Mediaindonesia.com | Nusantara
Gandeng  GEM, UID Luncurkan Knowledge Innovation Technology Alliance di Bali

Dok.UID
Suasana di salah satu sudut UID Bali Campus, Kura-Kura Bali, P.Serangan, Denpasar.

 

TEROBOSAN terus dilakukan United in Diversity (UID). Kali ini mereka menggandeng Green Eco Manufacturer (GEM) untuk mendirikan GEM-UID International Green Technology Research and Development Institute. Kerjasama tersebut diluncurkan di tengah acara Tri Hita Karana Future Knowledge Summit yang berlangsung UID Bali Campus, di Kura-Kura Bali, Pulau Serangan, Denpasar, Senin (14/11).  

Menurut Vice President UID,  Dr. Suyoto selain dibutuhkan blended finance (bauran pembiayaan), kerjasama berbagai pihak mutlak diperlukan. Kesadaran inilah yang mendorong UID bekerja-sama dengan berbagai lembaga global, regional dan lokal serta para ahli dan industri.

Di tempat yang sama juga dilakukan MOU antara UID dan 8 perguruan tinggi di Indonesia, yakni Universitas Islam Malang, Universitas Gajah Mada, Politeknik Negeri Malang, Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Hasanuddin Makasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Politeknik Gajah Tunggal. Serta dengan PT Kalbe Farma, Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) dan Centre for Future Knowledge.

Suyoto bersyukur atas ketertarikan universitas, industri dan akademi dalam negeri untuk ikut menandatangani MOU itu. Ia berharap hal itu akan melahirkan inovasi. "Masalah perubahan cuaca, kualitas kehidupan dan krisis spiritual hanya mungkin diselesaikan dengan kesiapan generasi muda yang lebih baik, dan teknologi baru yang mampu memberi terobosan atas masalah kealaman dan kemanusiaan."

Kehadiran GEM bersama lembaga global dan kerjasama dengan universitas serta lembaga lembaga lokal akan menambah kekuatan UID Bali Campus sebagai hub bagi kolaborasi global, regional dan lokal. Dr.Suyoto menyebutnya sebagai KITA, Knowledge Innovation Technology Alliance.

Menurut Suyoto, yayasan Upaya Indonesia Damai yang lebih dikenal dengan United in Diversity (UID) adalah lembaga nirlaba yang diluncurkan pada 2003. Misinya membangun kepercayaan untuk masa depan kita bersama. Yayasan ini memfasilitasi para pemimpin tiga sektor (pemerintah, swasta, komponen masyarakat) untuk belajar bersama, menciptakan dan menerapkan solusi berkelanjutan untuk menghadapi berbagai tantangan dunia. (RO/A-1)

Baca Juga

MI/Gabriel Langga

Tiga Jenazah Ditemukan Terdampar di Pantai Lelendo Kupang

👤Palce Amalo 🕔Minggu 27 November 2022, 08:01 WIB
WARGA menemukan tiga jenazah terdampar di Pantai Tanjung Lelendo, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Minggu...
dok.ist

Berdayakan Perempuan Sulsel Srikandi Ganjar Sulsel Gelar Creative Competition

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 07:01 WIB
ANTUSIAS perempuan muda di Sulawesi Selatan (Sulsel) mengikuti kegiatan Srikandi Creative Competition di Misi Depo Bangunan, Kabupaten...
DOK.MI

Gempa Dangkal Guncang Kabupaten Bombana Sultra

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 November 2022, 23:40 WIB
Gempa dangkal kedalaman 7 kilometer mengguncang wilayah Kecamatan Rarowatu, Kabupaten Bombana di Sulawesi Tenggara, Sabtu (26/11) pukul...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya