Selasa 27 September 2022, 11:35 WIB

Perempuan Pandai Besi Berjibaku demi Sesuap Nasi

Musdalifah (MGN), Muklis Efendi (SB) | Nusantara
Perempuan Pandai Besi Berjibaku demi Sesuap Nasi

MGN/Musdalifah
Perempuan Pandai Besi Berjibaku demi Sesuap Nasi

 

SEKITAR tiga jam perjalanan dari Kota Sinjai, tepatnya di bawah kaki Gunung Bawakareng, Dusun Puncak, Gunung Perak, Provinsi Sulawesi Selatan, kaum perempuan bekerja keras menguras keringat sebagai pandai besi secara turun temurun. Perempuan pandai besi menggeluti pekerjaan yang sebenarnya didominasi kaum pria. Ini terpaksa mereka emban demi kebutuhan hidup keluarga.

Mereka tidak gentar meski berjibaku dengan panasnya bara api dan gempalnya besi baja. Seperti halnya Nanne, ia telah bergelut sebagai pandai besi lebih dari 29 tahun. Meski berusia lanjut, ia tetap gigih bekerja keras sebagai pandai besi. 

Ia amat piawai dan cekatan mengolah besi menjadi bebagai jenis senjata tajam, seperti pisau, parang, golok ataupun alat rumah tangga lainnya yang terbuat dari besi. Dengan wajah penuh semangat membara, sambil mencengkeram besi dengan sebuah penjepit, palu besar seberat 10 kg diayunkan sekuat tenaga hingga keringat bercucuran.

Penempaan ini mesti dilakukan berulang kali hingga besi menjadi gepeng dan sesuai bentuk dan hasil yang diinginkan. Nanne mengaku dalam sehari, ia sanggup membuat lima parang panjang dan sepuluh pisau dapur selama 8 jam sehari. Ia mulai bergelut sekitar Pukul 08.00 hingga 16.00. “Sudah menjadi tradisi di sini bahwa kaum perempuan akan menjadi seorang pandai besi, sementara kaum lelaki bekerja di ladang,” ujar Nanne saat ditemui, Selasa (27/9/2022).

Hasil kerja kerasnya dihargai beragam Satu parang dijual tergantung ukurannya mulai Rp80 ribu-Rp100 ribu dan pisau dapur rata-rata dijual Rp20 ribu per unit. “Biasanya hasil kerjaan kita dijual di pasar, namun ada juga pembeli yang datang langsung ke sini untuk memesan sesuai dengan model yang diinginkannya,” sambung Nanne.

Tak banyak hasil yang mereka peroleh dari kerja keras ini, hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari sepanjang waktu. (Mef/A-3)

Baca Juga

Dok. Peradi

Peradi Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 21:54 WIB
Hal ini merupakan satu misi peduli kemanusiaan dari para pengurus dan advokat anggota Peradi yang tersebar di berbagai wilayah di Tanah...
Medcom

Cuaca Ekstrem Berpotensi Landa Jateng Hingga Tiga Hari Kedepan

👤Akhmad Safuan 🕔Rabu 30 November 2022, 21:24 WIB
CUACA ekstrem berpotensi terjadi di beberapa wilayah di Jawa Tengah hingga tiga hari ke...
DOK MI

Temanggung Cairkan Dana Bansos Untuk 83.513 KPM

👤Tosiani 🕔Rabu 30 November 2022, 20:34 WIB
DANA bantuan sosial (bansos) dari tiga program pemerintah telah mulai dicairkan untuk warga Temanggung, Jawa Tengah pada pekan terakhir...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya