Jumat 15 Juli 2022, 16:40 WIB

Batur Global Geopark Jadi Tren Wisatawan Milenial

Ruta Suryana | Nusantara
Batur Global Geopark Jadi Tren Wisatawan Milenial

ANTARA/Fikri Yusuf
Peserta berlari di kawasan Geopark Batur saat mengikuti Bali Trail Running Challenge 2022 di Bangli, Bali, Minggu (15/5).

 

SEJAK didirikan sebagai bagian dari Global Geopark Network (GGN) pada 2012, Batur UNESCO Global Geopark di Kabupaten Bangli, Bali, terus bertumbuh menjadi salah satu destinasi pariwisata favorit di Pulau Dewata.

Daya tariknya mampu menyedot 941.410 pengunjung pada 2019, dengan pendapatan Rp26 miliar, sebelum pandemi covid-19.

Dalam perjalanannya, Batur Global Geopark ini telah melalui proses revalidasi pertama pada Agustus 2016 yang menghasilkan 11
rekomendasi untuk meningkatkan kualitas pengelolaan Geopark Batur sebagai Global Geopark. Revalidasi kedua yang seharusnya dilaksanakan pada 2020, tertunda karena pandemi, dan baru bisa terlaksana Juli 2022 ini.

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta mengatakan, pandemi menghentikan berbagai program pembangunan infrastruktur umum, menurunkan pertumbuhan ekonomi global dan mengurangi jumlah kunjungan wisatawan asing ke Indonesia.

Namun, dengan keberhasilan vaksinasi masal dan penerapan protokol kesehatan yang ketat, kondisi pariwisata di Batur UNESCO Global Geopark telah mengalami pertumbuhan dengan tren baru menarik wisatawan lokal.


Baca juga: Pemprov Sulsel Perkuat Promosi Wisata Budaya


"Ini adalah peluang baru bagi Pemkab Bangli dan pengelola Batur Global Geopark untuk mengambil momen pascapandemi. Di mana ada tren baru wisatawan memilih wisata luar ruang yang lebih aman dan sehat, dengan pangsa pasar wisatawan milenial domestik yang terus menguasai awal pemulihan pariwisata Bali yang ditandai dengan bertumbuhnya usaha coffee shop di Kintamani yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat lokal pascapandemi," ujar Bupati Sedana Arta saat membuka acara revalidasi di Museum Gunung Api Batur.

Pelaksanaan revalidasi tahap kedua ini terjadwal berlangsung hingga Sabtu (16/7) yang dimulai sejak Rabu (13/7).

Sedana Arta juga mengatakan berbagai platform forum travel seperti Trip Advisor dan travel agent online di dunia dalam dua tahun terakhir selalu merekomendasikan kawasan Geopark Batur dengan produk Bali Sunrise Tracking.

Pemkab Bangli juga melakukan berbagai program pembangunan untuk meningkatkan fasilitas pendukung dan keberlanjutan Batur Global Geopark, termasuk pelatihan wisata Batur Geopark, pelatihan packaging produk UMKM seperti kopi arabika Kintamani dan bawang Kintamani.

Selain itu, revitalisasi Danau Batur dan penataan keramba jaring apung, pemberdayaan daerah pesisir, penataan kawasan Penelokan dan
pedestrian di sekitar jalan Penelokan sebagai bagian dalam penyediaan layanan yang nyaman bagi wisatawan, serta pembangunan pelabuhan Kedisan dan pelabuhan Terunyan, penyediaan e-ticketing untuk retribusi tiket wisata, serta meluncurkan brand pariwisata Bangli dengan tagline 'Bangli The Origin of Bali'. (OL-16)

 

Baca Juga

Dok. Pribadi

Persiapan Jelang HUT Provinsi Maluku ke-77 Sudah 90 Persen

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 23:55 WIB
Pelaksanaan rapat paripurna istimewa DPRD Provinsi Maluku dalam rangka HUT Provinsi Maluku ke-77 akan berlangsung pada pukul 14.00 WIT,...
DOK.MI

BPBD: 696 Rumah Warga Medan Terendam Banjir, 2.247 Jiwa Terdampak

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 23:30 WIB
BPBD juga sempat mengevakuasi 14 korban banjir di dua titik, yakni Jalan Luku, Gang Bersama, Kuala Bekala lima orang terdiri atas dua...
ANTARA

Ribuan Warga Bentangkan Bendera Merah Putih di Pantai Pangandaran

👤Kristiadi 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 23:00 WIB
Kegiatan ini diharapkan menumbuhkan nasionalisme dan menanamkan semangat patriotisme di dada rakyat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya