Kamis 23 Juni 2022, 18:01 WIB

DKPP Bantul Perintahkan Pemotongan 16 Ternak Terpapar PMK

Agus Utantoro | Nusantara
DKPP Bantul Perintahkan Pemotongan 16 Ternak Terpapar PMK

Antara/Andreas Fitri Atmoko.
Ilustrasi.

 

DINAS Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memerintahkan pemotongan 16 ternak. Sebagian besar ternak itu ialah sapi yang terpapar parah penyakit mulut dan kuku (PMK).

Kepala DKPP Kabupaten Bantul, Joko Waluyo, Kamis (23/6), mengatakan data terakhir menunjukkan sebanyak 1.737 ternak di wilayah ini positif PMK. Dari jumlah itu, ujarnya, 90 ekor berhasil disembuhkan.

"Ternak yang terpapar PMK dan dipotong paksa dagingnya masih dapat dikonsumsi. Namun bagian kepala, jeroan, dan kaki dibuang," katanya.

Baca juga: PPSDM Kemendagri Kepincut Prestasi dan Inovasi Pemkot Sukabumi

Joko menjelaskan dampak dari PMK menyebabkan harga ternak khususnya untuk kurban melonjak tajam. Jika pada Iduladha pada 2021 satu sapi harganya Rp20 juta. Saat ini harganya sudah tembus Rp28 juta. Ia membenarkan dengan kondisi itu, hukum ekonomi berjalan yakni pasokan sedikit, harga melambung.

Lebih Joko memastikan hewan ternak yang terpapar hampir semua didatangkan dari luar Bantul. DKPP Bantul tak bisa berbuat banyak karena banyak jalan tikus yang tidak bisa diawasi oleh petugas. (OL-14)

Baca Juga

dok.medcom

Kecelakaan Beruntun Belasan Kendaraan Di KM 92 Cipularang Arah Jakarta

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 06:54 WIB
BELASAN kendaraan dikabarkan terlibat kecelakaan beruntun di KM 92 Tol Cipularang arah Cikampek-Jakarta pada Minggu (26/6)...
dok.ist

OMG Jatim Berharap Ganjar Menjadi Presiden di 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 05:50 WIB
ORANG Muda Ganjar (OMG) Jatim menyatakan dukungan untuk Ganjar Pranowo dan berharap gubernur Jateng itu menjadi presiden Indonesia...
dok.ist

Gercep, Sandiaga Beri Dukungan UMKM dan Dalang Cilik di Lombok

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 05:17 WIB
Menparekraf) Sandiaga Uno mendatangi Desa Wisata Buwun Sejati, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok, Nusa Tenggara Barat, mengunjungi pelaku...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya