Jumat 06 Mei 2022, 09:51 WIB

Arus Balik Lebaran, Polrestabes Makassar Berlakukan Aturan Ganjil Genap

Lina Herlina | Nusantara
Arus Balik Lebaran, Polrestabes Makassar Berlakukan Aturan Ganjil Genap

ANTARA/Arnas Padda
Sejumlah kendaraan melintas di jalur Trans Sulawesi di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

 

KEMACETAN panjang terjadi di ruas jalan trans Sulawesi dari arah luar memasuki Kota Makassar, Sulawesi Selatan, selama arus balik Lebaran Idulfitri 2022 ini. Kemacetan terjadi sepanjang 5 km dan warga menunggu berjam-jam untuk bisa masuk ke Kota Makassar.

Mengantisipasi agar kemacetan tidak terjadi lagi karena arus balik yang terjadi, Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kota Besar Makassar membuat kebijakan ganjil genap untuk masuk Kota Makassar.

Kasat Lantas Polrestabes Makassar Ajun Komisaris Besar Zulanda pun menyarankan kepada pemudik yang kembali ke Makassar setelah mudik, yang masuk dari arah Kabupaten Maros, Gowa dan Takalar, memperhatikan NRKB (Nomor Register Kendaraan Bermotor) atau nomor plat kendaraannya.

Baca juga: Sistem Buka Tutup Rest Area Arah Jakarta Bakal Diterapkan Saat One Way

"Bila bernomor akhir genap, disarankan balik ke Makassar pada tanggal genap yaitu 6 atau 8 Mei 2022. Dan untuk yang bernomor ganjil disarankan balik pada tanggal ganjil, 5 atau 7 Mei. Karena ini kita berlakukan sejak kemarin," ungkap Zulanda, Jumat (6/5).

Selain pemberlakukan ganjil genap di arus balik menuju Kota Makassar, Satlantas Polrestabes Makassar juga melakukan rekayasa lalu lintas di simpan lima Bundaran menuju Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin.

"Tempat pemutaran-pemutaran kecil yang ada di sepanjang 2 km jalan arah maros akan ditutup sehingga akses pemutaran hanya dapat dilakukan persis di depan pos pengamanan Perlimaan Bandara dengan membuat alur putaran balik dengan menggunakan water barrier untuk kendaraan yang memutar ke arah Kabupaten Maros," jelas Zulanda.

"Agar itu bisa berjalan, Satlantas Polrestabes Makassar pun menambah personel apabila diperlukan untuk pengaturan secara manual dengan menonaktifkan TL (lampu pengatur lalin) sehingga dapat memberikan penarikan arus lebih besar pada sisi masuk Kota Makassar," sambungnya.

Zulanda pun berharap, para pengemudi kendaraan, bisa menjaga kebugaran fisiknya, beristirahatlah bila lelah karena kelelahan saat mengemudi dapat mengurangi konsentrasi yang berujung pada kecelakaan.

"Bagi pengendara sepeda motor agar senantiasa menggunakan helm dan jangan membawa beban barang yang dapat menghalangi keleluasaan saat mengemudikan kendaraan. Atur jarak aman antara depan dan belakang. Jangan memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi," seru Zulanda. (OL-1)

Baca Juga

ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

Polda DIY Tetapkan Dua Tersangka Kasus Kerusuhan Babarsari

👤mediaindonesia,com 🕔Rabu 06 Juli 2022, 23:10 WIB
Di lokasi kejadian, di Jambusari pada Sabtu (2/7), kata Ade, dua tersangka itu melakukan kekerasan yang mengakibatkan tiga orang...
ANTARA/Basri Marzuki

Pedagang di Kota Palu Tolak Hewan Ternak dari Luar Sulawesi

👤M Taufan S Bustan 🕔Rabu 06 Juli 2022, 22:40 WIB
Ketersedian stok di Kota Palu diakui pedagang masih mencukupi untuk kebutuhan konsumsi dan kebutuhan kurban pada Idul Adha...
MI/Adi Kristiadi

Pengendara Moge Penabrak Anak Kembar hingga Tewas di Ciamis Divonis 4 Bulan

👤Adi Kristiadi 🕔Rabu 06 Juli 2022, 22:35 WIB
MAJELIS hakim Pengadilan Negeri (PN) Ciamis menjatuhkan vonis dua terdakwa pengendara motor gede (Harley Davidson) yang menabrak dua anak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya