Rabu 16 Februari 2022, 14:13 WIB

Peneliti Fintech UNS Nilai Pemerintahan Jokowi Pacu Unicorn Baru

Mediaindonesia.com | Nusantara
Peneliti Fintech UNS Nilai Pemerintahan Jokowi Pacu Unicorn Baru

Antara/M Agung Rajasa.
Ilustrasi.

 

PAKAR dan peneliti fintech, Putra Pamungkas, menilai kebijakan Presiden Joko Widodo sukses melahirkan unicorn-unicorn baru di Indonesia. Putra melihat Jokowi memiliki banyak program untuk pengembangan dan kemajuan sekaligus mendorong start-up menjadi unicorn.

Pernyataannya itu disampaikan saat Putra menjadi pembicara di seminar nasional bertajuk Unicorn Indonesia untuk Dunia: Mengulas Strategi Pemerintah Menumbuhkan Kekuatan Ekonomi Baru Menyongsong Indonesia Emas 2045. Seminar tersebut diselenggarakan di Aula Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, Jawa Tengah.

"Saya rasa (kebijakan pemerintah) sudah bagus sekali ya. Program-program pemerintah untuk melahirkan unicorn-unicorn baru," ujar Putra.

Putra mencontohkan beberapa program pengembangan start-up menuju unicorn yang telah digagas oleh Jokowi. Di antaranya pelatihan dan pendidikan serta pembangunan infrastruktur jaringan internet yang terus digalakkan oleh Jokowi.

"Pembentukan ekosistem unicorn dari mentoring-mentoring kan juga banyak yang sudah besar-besar gitu ya. Lalu juga dari infrastruktur (internet). Sudah coba untuk diratakan dari internet dan segala macamnya sudah," kata Putra.

Untuk pembangunan infrastruktur jaringan internet, Putra mengatakan program tersebut sangat dibutuhkan unicorn. Menurutnya, pemerataan infrastruktur digital akan melahirkan unicorn-unicorn baru di daerah-daerah di Indonesia.

Baca juga: Vaksinasi Booster Jadi Syarat Guru untuk Mengajar Tatap Muka

"Unucorn ini based teknologi yang berdasarkan internet ya. Jadi dia sangat bergantung sekali dengan infrastruktur network. Data dan segala macamnya. Nah kalau itu diratakan, artinya kan mungkin ada potensi unicorn-unicorn dari daerah yg ketika itu sudah sama dengan Jakarta dan Jawa itu mungkin ada potensi unicorn tumbuh dari daerah, yang itu kita nantikan sebenarnya," jelas Putra. (RO/OL-14)

Baca Juga

ANTARA

Ada Naga 38 Meter di Cap Go Meh Putussibau

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 08:51 WIB
Sebelum berkeliling di pusat Kota Putussibau, naga sepanjang 38 meter itu terlebih dahulu melakukan ritual di depan Klenteng atau Pekong...
MI/Mitha Meinansi

Menutup Imlek 2023 Etnis Tionghoa di Sulteng Rayakan Cap Go Meh

👤Mitha Meinansi 🕔Minggu 05 Februari 2023, 08:45 WIB
KOMUNITAS Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Sulawesi Tengah, bersuka cita dalam acara malam ramah tamah Imlek sebagai penutup dari...
Dok. DPR RI

Legislator : Waduk dan Kolam Retensi Bisa Atasi Potensi Banjir

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 08:30 WIB
Anggota dari Fraksi PPP itu menambahkan, pihaknya mengunjungi maros untuk memberikan dukungan agar perencanaan untuk menyelesaikan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya