Jumat 11 Februari 2022, 21:05 WIB

Pemkab OKI Fokus Enam Prioritas RPJMD

Dwi Apriani | Nusantara
Pemkab OKI Fokus Enam Prioritas RPJMD

ANTARA
Ilustrasi pembangunan infrastruktur

 

PEMERINTAH Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumsel fokus pada enam prioritas daerah yang tertuang pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2024. Keenam prioritas itu, mencakup peningkatan kualitas pelayanan publik, keamanan dan birokrasi yang efektif, percepatan infrastruktur, akses pendidikan dan kesehatan berkualitas, pemulihan ekonomi, penanganan pandemi, serta perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Wakil Bupati OKI, M. Djafar Shodiq mengatakan perencanaan pembangunan harus fokus pada program prioritas untukmengakselerasi pencapaian RPJMD. "Bagaimana kita membuka ruang investasi, membelanjakan APBD. Mana yang konsumtif, mana yang produktif," katanya.

Menurut Djafar prioritas pembangunan tersebut butuh dukungan dari berbagai pihak. Apalagi, pihaknya berkomitmen untuk menggunakan APBD lebih efisien.

"APBD harus benar-benar dapat dikelola dengan se-efisien mungkin melalui pemanfaatan sumber daya yang tersedia dan fokus pada program prioritas," katanya.

Sementara Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan (BAPPEDA) Kabupaten OKI, Aidil Azwari, mengatakan penetapan arah prioritas daerah diharapkan memberikan hasil positif terhadap pertumbuhan indikator pembangunan. Ia memaparkan pertumbuhan ekonomi ditarget sebesar 4,12 persen dan nilai tukar petani sebesar 98 persen. Sementara itu, angka kemiskinan ditarget 13,89 persen, Indeks Gini sebesar 0,31 persen, IPM sebesar 67,93, jalan kondisi mantap sebesar 74 persen serta beberapa target indikator lainnya.

"Semua usulan harus didasarkan pada program prioritas daerah, penganggaran berbasis program dan kinerja serta tidak semua tugas dan fungsi dibiayai secara merata," katanya.

Aidil menambahkan, untuk mensiasati keterbatasan anggaran, perencanaan pembangunan tidak mesti dibebankan pada APBD namun bisa diupayakan pendanaan dari APBN, APBD Provinsi maupun kerjasama pemerintah dan badan usaha (KPBU). (OL-15)

Baca Juga

Dok MI

Yogyakarta Miliki 703 Relawan Pemadam Kebakaran, Ini Tugasnya

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 11:35 WIB
Pembentukan Redkar dilakukan berbasis kelurahan dengan 10 personel di setiap...
dok.ist

HUT RI: Pulau Terluar Papua Barat Bentangan 77 Meter Bendera Merah Putih

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 11:20 WIB
PENJABAT Gubernur Papua Barat, Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw,M.Si bersama Forkopimda dan masyarakat membentangkan 77 meter...
Dok

58 Buku Kolaborasi Seri Literasi Digital Diluncurkan

👤Ruta Suryana 🕔Senin 15 Agustus 2022, 10:46 WIB
Kemenkominfo bersama 7 lembaga menerbitkan  58 buku literasi digital. Masyarakat bisa menggunakan buku-buku Literasi Digital secara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya