Kamis 25 November 2021, 14:53 WIB

Pemkab Rembang Antisipasi Bencana Banjir di Wilayahnya

Hilda Julaika | Nusantara
Pemkab Rembang Antisipasi Bencana Banjir di Wilayahnya

ANTARA
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Kabupaten Rembang, Jawa Tengah akan melakukan antisipasi potensi bencana banjir di musim hujan ini. Pasalnya berkaca dari tahun sebelumnya beberapa wilayah di Rembang sempat mengalami banjir.

"Tahun-tahun sebelumnya pernah banjir di wilayah Lasem, lalu kecamatan Pulu. Tapi banjir itu sifatnya banjir kiriman dari atas," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rembang, Dwi Purwanto, Kamis (25/11).

Baca juga: Dilaksanakan Tiap Hari, Vaksinasi di Banyumas Tembus 1 Juta Warga

Menurutnya bila terjadi banjir saat curah hujan tinggi di wilayah Lasem ini menghambat lalu lintas. Karena terdapat jalur pantai utara (pantura) yang menjadi jalur nasional untuk transportasi manusia dan logistik.

"Banjir ini bisa menghambat karena Lasem itu jalur pantura, jalan negara, jalur nasional jadi menghambat transportasi kalo banjir untuk mengirim barang atau logistik terutama di wilayah pantura," paparnya.

Sehinnga pihaknya melakukan sejumlah antisipasi. Karena jika curah hujan tinggi dan tidak ada pencegahan yang baik akan berpotensi banjir yang merugikan warga.

"Kalau tidak diantisipasi bisa banjir lagi. Tapi insya Allah ada beberapa embung besar untuk menampung. Kalau tidak terlalu ekstrem, insya Allah bisa ditangani," imbuhnya.

Adapun beberapa embung besar terdapat di beberapa titik. Di antaranya, Embung Lodan di Kecamatan Sarang, Banyukuwung di Kecamatan Sulang dan Sumber, Panohan di Kecamatan Gunem, Grawan di Kecamatan Sumber. (OL-6)

Baca Juga

MI/Denny Susanto

Banjir Meluas Akibat Daya Dukung Lingkungan di Kalsel Kian Rusak

👤Denny Susanto A 🕔Rabu 01 Desember 2021, 11:15 WIB
BENCANA banjir dan tanah longsor yang terus berulang terjadi di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), akibat daya dukung lingkungan...
MI/Agus Utantoro

KONI Pusat Gandeng TWC Kembangkan Sport Tourism

👤Agus Utantoro 🕔Rabu 01 Desember 2021, 11:00 WIB
KONI Pusat dan PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko (TWC) menjalin kerjasama untuk mengembangkan wisata minat...
dok.mi

Kasus Positif Covid-19 di Klaten Nihil, 2 Pasien Sembuh

👤Djoko Sardjono 🕔Rabu 01 Desember 2021, 10:50 WIB
SATGAS Penanganan Covid-19 Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Selasa (30/11), melaporkan situasi pandemi terkendali. Sementara tidak ada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya