Rabu 20 Oktober 2021, 21:59 WIB

Pelatihan Active Selling, Agar UMKM Maluku Utara Moncer di Pasar Daring  

Iis Zatnika | Nusantara
Pelatihan Active Selling, Agar UMKM Maluku Utara Moncer di Pasar Daring  

Dok Kominfo
Nadya Sri Wahyuni, pedagang makanan dari Kelurahan Kalumata, Kota Ternate, Maluku Utara, salah satu peserta pelatihan Active Selling.

 

Selama enam bulan, para pelaku UMKM di Maluku Utara mengikuti program Active Selling. Mereka dibimbing para fasilitator agar terampil mengoptimalkan media sosial dan marketplace, menggunakan kasir online dan agregator, serta mendapat paket data. Kegiatan itu diselenggarakan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Ditjen Aptika) Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Nadya Sri Wahyuni, pedagang makanan dari Kelurahan Kalumata, Kota Ternate, Maluku Utara mengaku kini mampu menggunakan media sosial dan marketplace dalam pemasaran dan pencatatan. "Sebagai pedagang kecil, saya sangat senang dan terbantu, ini adalah pengalaman pertama. Saya mendapatkan banyak ilmu dan pengetahuan baru, bagaimana  menjual dan mempromosikan produk secara menarik," ungkap Nadya. 

Pelatihan diberikan daring dan luring dilakukan para fasilitator di setiap wilayah. Para UMKM juga melakukan pertemuan kelompok di pusat pelatihan serta mendatangi lokasi usaha para UMKM yang sukses.

"Fasilitator datang langsung ke rumah untuk mengajar kami praktik tips dan trik agar toko kami dapat order maksimal di masa pandemi seperti ini, supaya kami juga bisa memasarkan ke luar wilayah," ujar Nadya.

Direktur Ekonomi Digital Kominfo I Nyoman Adhiarna  mengatakan, dunia digital membawa peluang baru bagi UMKM, agar mereka bisa optimal di pasar luring juga daring,” papar Nyoman.

Active Selling menyasar 26 ribu pelaku UMKM di sepuluh Kawasan Wisata Prioritas, termasuk di Maluku Utara. Indikator keberhasilan program itu di antaranya pelaku UMKM aktif mengunggah foto dan keterangan produk di marketplace,  terampil berinteraksi dengan calon pembeli, serta bertransaksi daring. (*/X-6)

Baca Juga

MI/Bagus Suryo

Sembako Gerakkan Lansia Ikuti Vaksinasi di Kabupaten Malang

👤Bagus Suryo 🕔Kamis 02 Desember 2021, 10:30 WIB
REALISASI vaksinasi lansia meningkat signifikan setelah Pemerintah Kabupaten Malang, Jawa Timur, memberikan sembako kepada lansia yang...
MI/Amiruddin AR

Wilayah Konservasi Orangutan di Samboja Ada Penambangan Ilegal, Polisi Diam

👤Yohanda Naraya 🕔Kamis 02 Desember 2021, 09:19 WIB
Hampir dua hektar, wilayah konservasi Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) di Samboja Lestari, Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan...
MI/CRI QANON RIA DEWI

Galeri Investasi Berdayakan Desa Inklusi Titi Wangi

👤Cri Qanon Ria Dewi 🕔Kamis 02 Desember 2021, 09:15 WIB
Galeri Investasi Desa merupakan sarana untuk memberi layanan kepada masyarakat desa guna mengenalkan pada produk pasar modal dan jasa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya