Senin 23 Agustus 2021, 18:26 WIB

Jatim Terbitkan SK Larangan Ekspor Bibit Katak Porang

Faishol Taselan | Nusantara
Jatim Terbitkan SK Larangan Ekspor Bibit Katak Porang

ANTARA FOTO/Siswowidodo
Tanaman Porang

 

PEMERINTAH Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) melarang ekspor bibit katak (umbi bakal tanaman) Porang. Hal tersebut dilakukan dengan mengeluarkan Surat Keputusan (SK) yang melarang penjualan bibit katak Porang ke luar negeri.

"Porang katak dilarang diekspor mengingat komoditas ini menjadi salah satu produk pertanian yang memiliki nilai ekonomis tinggi," kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Surabaya.

Khofifah telah mengeluarkan SK Gubernur yang melarang ekspor katak porang. Pihaknya khawatir jika di ekspor, Jatim akan kehabisan bibit tersebut. Katak Porang menjadi buruan oleh negara-negara beriklim tropis untuk dibudidaya.

"Katak ini diburu di sangat banyak negara beriklim tropis untuk budi daya Porang," imbuhnya.

Baca juga: Petani: Meski Dinamika Harga, Porang Saat Ini Menguntungkan

Oleh karenanya, Gubernur Khofifah minta agar Bupati Madiun dan para petani Porang menjaga katak (umbi bakal tanaman Porang) dilarang untuk diekspor. Khofifah juga minta, agar petani melakukan budi daya di lahan pertanian di Jatim.

"Jawa Timur ini, luasan lahan masih cukup untuk ditanami Porang, apalagi sekarang sudah banyak negara yang sangat meminati produk porang Jatim," pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

Dok  Humas HIPMI

HIPMI Lahirkan Enterprenuer dan Pemimpin Muda

👤Denny Susanto 🕔Jumat 27 Mei 2022, 07:45 WIB
Menjelang setengah abad sejak didirikan pada 1972 silam, keberadaan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dinilai punya peran penting...
dok.Ist

Jawara Sumedang Dukung Sandiaga Jadi Presiden

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 23:28 WIB
PARA relawan Jaringan Wanita Nusantara (Jawara) Sandi Uno memberikan pelatihan budidaya tambak ikan di Waduk Jatigede, Desa Tarjunajaya...
Dok. PT SIS

Maksimalkan Potensi Bahari, Suzuki Marine Resmikan DIler Baru di Makassar

👤Ihfa Firdausya 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:37 WIB
“Sulawesi Selatan adalah salah satu daerah yang memiliki potensi bahari yang besar. Untuk memaksimalkan potensi tersebut, kami hadir...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya