Sabtu 07 Agustus 2021, 13:55 WIB

Gubernur Sumsel Klaim Catat Pertumbuhan Ekonomi Tertinggi se-Sumatra

Dwi Apriani | Nusantara
Gubernur Sumsel Klaim Catat Pertumbuhan Ekonomi Tertinggi se-Sumatra

MI/Dwi Apriani
Gubernur Sumsel Herman Deru

 

PERTUMBUHAN ekonomi di Sumatra Selatan mencapai 5,71% pada kuartal II tahun 2021. Dengan begitu, Gubernur Sumsel Herman Deru mengklaim pertumbuhan ekonomi di Sumsel adalah tertinggi se-Sumatra.

Sebelumnya diketahui, Lampung telah mengklaim pertumbuhan ekonomi di provinsinya adalah yang tertinggi di Sumatra. Diwawancarai Sabtu (7/8), Herman Deru mengatakan pertumbuhan ekonomi di Sumsel tercatat 5,71% sementara Lampung sebesar 5,03%.

"Kita ada berita baik, untuk provinsi setara besarnya yang memiliki jumlah penduduk di atas 5 juta, pertumbuhan ekonomi kita 5,71%. Artinya tertinggi (se-Sumatra)," kata Herman Deru.

Menanggapi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang telah mengklaim lebih dulu tertinggi di Sumatra, Herman Deru ikut mempertanyakan. "Salah dia (Gubernur Lampung). Dia (Provinsi Lampung) itu 5,03% pertumbuhan ekonominya, sementara kita 5,71%. Kalian (awak media) coba jelaskan kenapa Lampung bisa begitu (klaim tertinggi se-Sumatra). Apa mereka tidak melihat punya kita," ujar Herman Deru.

Meski di tengah pandemi Covid-19, Herman Deru meyakini ke depan pertumbuhan ekonomi akan terus meningkat. Hal itu lantaran Pemprov Sumsel yang punya kekuatan tersendiri.

"Insya Allah tambah naik. Kita ada satu kelompok yang tidak kalah besar, yakni 46% kekuatan kita adalah pertanian. Petani kita genjot, produksi pertanian dan perkebunan serta hortikultura kita tingkatkan. Kita juga kemarin ada panen penangkaran benih pertanian, bukan untuk dimakan, namun benih ini akan bisa ditanam di seluruh wilayah Sumsel," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik Sumatra Selatan (BPS Sumsel), Zulkipli mengatakan pertumbuhan ekonomi Sumsel sebesar 5,71% pada kuartal II/2021 tercatat didukung oleh moncernya kinerja hampir semua
lapangan usaha. Kinerja hampir semua lapangan usaha di Sumatra Selatan tercatat moncer pada periode tersebut dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu.

"Pertumbuhan tertinggi dialami sektor penyediaan akomodasi dan makan minum sebesar 19,40%. Sektor perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda motor juga tumbuh 12,75%,'' katanya.

Zulkipli mengatakan pertumbuhan lapangan usaha tersebut juga sejalan dengan komponen pengeluaran dalam struktur pendapatan domestik regional bruto (PDRB) Sumsel yang meningkat.

Dijelaskannya, seluruh sektor konsumsi mengalami pertumbuhan positif, di mana konsumsi pemerintah tertinggi mencapai 6,65% diikuti oleh konsumsi lembaga non-profit yang melayani rumah tangga dan konsumsi rumah tangga atau masyarakat.

''Realisasi belanja pemerintah di Sumsel naik. Selain itu konsumsi rumah tangga juga pulih terlihat dari adanya impor barang-barang konsumsi yang melonjak,'' pungkasnya. (DW/OL-10)

Baca Juga

DOK MI

3.000 UMKM di Kota Palu Dapat Bantuan Modal

👤TB/M Taufan SP Bustan 🕔Jumat 03 Desember 2021, 19:58 WIB
PEMERINTAH Kota Palu, Sulawesi Tengah, akan memberikan bantuan modal kepada 3.000 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terdampak...
DOK MI

Vaksinasi Covid-19 Di Kabupaten Samosir Nyaris 100 Persen

👤Yoseph Pencawan 🕔Jumat 03 Desember 2021, 19:40 WIB
HINGGA November 2021, Kabupaten Samosir menjadi daerah yang memiliki capaian Vaksinasi Covid-19 tertinggi dibandingkan 32 kabupaten dan...
ANTARA

Deteksi Omicron, Pemkab Cianjur Perbanyak Test Covid-19

👤Benny Basdiandy 🕔Jumat 03 Desember 2021, 19:23 WIB
KABUPATEN Cianjur, Jawa Barat, meningkatkan kewaspadaan potensi penyebaran covid-19 varian omicron. Satu di antara caranya dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya