Kamis 29 Juli 2021, 12:20 WIB

MCTN Didesak tidak Bayar Deviden ke Chevron 

mediaindonesia.com | Nusantara
MCTN Didesak tidak Bayar Deviden ke Chevron 

DOK
Desakan agar MCTN Riau tidak bayar deviden ke Chevron

 

ALIANSI Masyarakat Mandau Bersatu menuntut MCTN agar tidak membayar deviden kepada Chevron Standard Limited (CSL). Seperti diketahui CSL sebelumnya memiliki 95% saham MCTN (Mandau Cipta Tenaga Nusantara) yang mempunyai fasilitas pembangkit listrik Cogen Duri, Riau.

Hal ini didasari oleh perilaku CSL yang tidak fair dalam melaksanakan tender jual beli saham MCTN sehingga merugikan peserta tender dari Riau. Semua peserta tender ikut serta dalam proses jual beli saham CSL melalui JP Morgan Singapura. Pada saat telah  diperoleh kesepakatan draft perjanjian jual beli saham antara CSL dan perusahaan daerah Riau, dua hari berselang CSL menjual saham ke PLN. Penjualan  tanpa melalui proses yang dilaksanakan oleh JP Morgan sebagai pihak yang melakukan tender saham CSL.

Ditenggarai CSL mempergunakan draft perjanjian jual beli saham yang telah disepakati oleh Perusahaan Daerah Riau. "Di saat-saat akhir beroperasi di Riau, ternyata Chevron masih belum puas juga untuk mengambil keuntungan dari Riau," kata Fredi, Kordinator Aliansi Masyarakat Mandau Bersatu, melalui keterangan tertulis yang diterima, Kamis (29/7). 

"Oleh karena itu, kami menuntut manajemen MCTN Bapak Dion Kumboro untuk tidak membayar deviden atau apapun kepada CSL sampai permasalahan fairness dengan peserta tender dapat diselesaikan," jelas Fredi.

Berdasarkan informasi yang diterima, masih ada dana CSL yang dipegang oleh MCTN. Dana itu dalam bentuk deviden tahun 2020 dan management fee yang harus dibayar oleh MCTN kepada CSL. Diharapkan dana tersebut tetap berada di Indonesia sampai permasalahan jual beli saham MCTN selesai. (RO/R-2)

Baca Juga

Antara/Umarul Faruq.

Gunung Semeru Erupsi, Dua Kecamatan Gelap Gulita

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 17:19 WIB
Hal tersebut disertai panas guguran dan hujan abu vulkanis cukup...
MI/Denny Susanto.

Hulu Sungai Tengah Normalisasi Sungai dan Angkat Tanah Longsor

👤MI/Denny Susanto 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 17:10 WIB
Di ruas jalan menuju Desa Datar Ajab, Kecamatan Hantakan, ada yang tertimbun...
Dok medcom.id

Polda Jabar Bantah Intervensi Kasus Tuti Kuspiati Halim

👤Naviandri 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 16:58 WIB
Polda Jawa Barat membantah adanya intervensi terkait kasus yang dilaporkan Tuti Kuspiati Halim. Polda Jabar saat ini masih melakukan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya