Selasa 22 Juni 2021, 08:03 WIB

PPDB Daring Alami Gangguan, Disdik Siantar Minta Maaf

Apul Iskandar | Nusantara
PPDB Daring Alami Gangguan, Disdik Siantar Minta Maaf

MI/Apul Iskandar
Konferensi pers permohonan maaf Disdik Siantar karena gangguan saat PPDB Daring.

 

KEPALA Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdisdik) Siantar James A Siahaan menyampaikan terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2021/2022, sesuai kebijakan dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumatra Utara, ada ketentuan terbaru menyangkut PPDB Cabang Dinas Siantar.

"Perlu kami sampaikan, saat ini, Dinas Pendidikan Provinsi Sumut sedang melakukan perawatan atau maintenance," kata James didampingi Kepala Sekolah SMA dan SMK Negeri dalam keterangan pers di SMAN 4 Pematangsiantar, Senin (21/6).

Berkaitan dengan hal tersebut, James menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat di Sumatra Utara atas ketidaknyamanan akibat adanya gangguan-gangguan pada laman daring PPDB daring 2021 sehingga calon peserta didik baru mungkin tidak maksimal saat melakukan pendaftaran.

Baca juga: Tokoh Katolik dan Islam Nagekeo Minta Kematian Pelayan Pub Diusut Tuntas

"Kami minta maaf dari Dinas Pendidikan Sumut. Adapun jadwal kita untuk perbaikan atau maintenance server itu dilakukan sejak 18 Juni sampai 27 Juni 2021. Setelah itu, kita akan kembali melakukan PPDB dari jalur zonasi mulai 28 Juni sampai 2 Juli 2021. Kemudian pengumuman dari jalur zonasi akan diumumkan pada 3 sampai 4 Juli 2021," jelasnya.

Kemudian, PPDB untuk calon siswa SMK mulai digelar pada 3 Juli sampai 8 Juli 2021 serta tahapan pengumuman akan dilakukan pada9 sampai 10 Juli 2021.

"Kepada calon peserta didik yang telah lulus akan menunggu untuk melakukan pendaftaran ulang dan kami akan sampaikan lagi melalui press rilis bagaimana kebijakan yang dilakukan dan dinyatakan lulus. Cabdis Siantar yang meliputi wilayah kota Pematangsiantar dan kabupaten Simalungun calon peserta didik yang sudah berhasil mendaftar melalui jalur zonasi tidak perlu mendaftar ulang," jelasnya.

Bagi Calon Peserta Didik Baru (CPDB) melalui jalur zonasi disediakan tempat sarana atau wadah untuk dibimbing sampai calon peserta didik bisa mendaftar dengan baik.

"Apabila ada kendala dapat menghubungi langsung ke Cabdis Siantar dengan nomor HP 082164303095 atas nama Tri Wandes Sinurat, 081260600066 atas nama Rudi Gunawan, 082294233336 atas nama D Sihombing. Nomor kontak person kami selalu aktif 24 jam untuk melayani bagi CPDB secara online," tambahnya.

James menjelaskan peserta didik baru yang lulus melalui jalur afirmasi, perpindahan orangtua/wali, dan prestasi untuk kota Siantar terdiri dari 6 SMAN, dari jalur Afirmasi sebanyak 276 orang, dari jalur perpindahan orangtua/wali sebanyak 51 orang dan jalur prestasi sebanyak 463 orang serta nonakademik 16 orang jadi total peserta yang lulus sebanyak 893 orang.

"Sedangkan di kabupaten Simalungun, melalui jalur afirmasi sebanyak 506 orang, nonakademik sebanyak 874 orang, perpindahan orangtua/wali sebanyak 16 orang dan prestasi akademik 4 orang, jadi total yang lulus sebanyak 1.400 orang dari 20 SMAN yang ada di Kabupaten Simalungun," jelasnya.

Kacabdis Siantar juga menambahkan kuota yang diterima calon peserta didik baru Tahun Pengajaran 2021/2022  Negeri se-Siantar-Simalungun ada sebanyak 7308 orang untuk 26 SMAN, sedangkan untuk SMK Negeri se-Siantar-Simalungun sebanyak 2448 orang untuk 9 SMKN

Hal senada, Kepala SMAN 4 Pematangsiantar Rudol B Manurung, selaku Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), menyampaikan tentang kesiapan sekolah untuk PPDB jalur zonasi untuk daftar ulang masih menunggu juknis supaya tidak merugikan Calon Peserta Didik Baru (CPDB) yang sudah diterima.

Kemudian untuk jalur zonasi dari perpanjangan PPDB dari panitia PPDB Sumut berarti sudah betul-betul menyiapkan server dan aplikasi yang baru supaya bisa nantinya terlaksana dengan baik.

"Kami dari pihak sekolah apabila nanti ditunjuk untuk melakukan verifikasi data, kami sudah siap dengan catatan tetap selalu kordinasi dengan operator cabdis Siantar. Dalam hal ini kita sifatnya membantu tetapi untuk menetapkan tetap dari PPDB Sumut. Perlu kami sampaikan kepada masyarakat yang menentukan bukan sekolah tetapi sistem PPDB Sumut, yang bisa kita bantu adalah data CPDB," jelasnya.

"Kita berharap dari sekolah semoga aplikasi yang baru ini lebih bagus dan tidak ada kendala bagi calon PPDB saat melakukan pendaftaran melalui jalur zonasi online. Kita juga dari sekolah siap 24 jam membantu secara online, jadi akun CPDB itu dipercepat supaya tidak ada dirugikan," harapnya.

Sementara Ketua MKKS Simalungun Saor B Sihotang menyampaikan dalam PPDB tersebut sifatnya hanya membantu, jadi di sekolah ada juga panitia untuk membantu bagaimana proses dalam pendaftaran itu berjalan dengan baik.

"Kita dari sekolah siap membantu untuk melakukan PPDB jalur zonasi secara oline," ucapnya. (OL-1)

Baca Juga

MI/Dok Humas Polresta Palangka Raya

Sambil Beri Edukasi Prokes, Polresta Palangka Raya Bagikan Masker Gratis

👤Surya Sriyanti 🕔Senin 02 Agustus 2021, 09:49 WIB
Berdasarkan Data Satgas Covid-19 Kalteng, Kota Palangka Raya menempati urutan tertinggi di Kalteng untuk jumlah pasien...
ANTARA/Fikri Yusuf

Jumlah Warga yang Telah Dapat Vaksin Covid-19 Dosis Kedua di Bali Hampir 1 Juta

👤Arnoldus Dhae 🕔Senin 02 Agustus 2021, 08:59 WIB
Gubernur Bali I Wayan Koster sesungguhnya membulatkan target penduduk di Bali yang akan divaksin sebanyak 3 juta orang dari total penduduk...
MI/Djoko Sardjono

Ratusan Pasien Covid-19 Klaten Dievakuasi ke Asrama Haji Donohudan

👤Djoko Sardjono 🕔Senin 02 Agustus 2021, 08:02 WIB
Evakuasi warga berstatus orang tanpa gejala (OTG) atau bergejala ringan ke Asrama Haji Donohudan itu merupakan pelaksanaan manajemen...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pembangunan Berkelanjutan demi Keselamatan Bersama

 Sektor keuangan memiliki peran besar dalam mengarahkan perubahan menuju penerapan green economy

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya