Jumat 18 Juni 2021, 21:14 WIB

Sekolah di Sulawesi Utara Siap Tatap Muka pada Juli

M Taufan SP Bustan | Nusantara
Sekolah di Sulawesi Utara Siap Tatap Muka pada Juli

Antara/Adwit B Pramono.
Pelajar memanfaatkan jaringan internet unutk belajar secara daring di Desa Budo, Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

 

SATUAN pendidikan di Sulawesi Utara, mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, dan SMA sudah siap untuk melakukan pembelajaran tatap muka (PTM) pada Juli 2021. Keyakinan pemerintah di Sulawesi Utara melakukan PTM karena telah sukses melakukan uji coba sejak tiga bulan terakhir.

"Puji tuhan uji coba PTM yang dilaksanakan di Sulawesi Utara berjalan dengan baik. Tidak ada info klaster covid-19 dari sekolah," terang Pengawas Ahli Utama Dinas Pendidikan Sulawesi Utara, Hermanus Bawuoh, saat menjadi salah satu narasumber dalam FGD PTM 2021 yang digelar Media Indonesia dengan tema Kesehatan dan keselamatan wilayah Sulawesi Indonesia melalui kanal YouTube Media Indonesia, Jumat (18/6).

Menurut Hermanus, karena tidak ada klaster sekolah, pemerintah di Sulawesi Utara yakin PTM yang akan direncanakan Juli mendatang bisa dilakukan. "Yang pasti berdasarkan penyampaian Kepala Dinas Sulawesi Utara, sekolah yang bleh PTM harus dapat izin. Kami sudah siap melakukan PTM," tegasnya.  

Hermanus menjelaskan, saat ini sejatinya sudah ada beberapa sekolah yang melakukan PTM di Sulawesi Utara. Sekolah tersebut ialah SMA 3 Bitung, SMA 1 Bitung, SMA Negeri 1 Tahuna, SMA 3 Manado, SMA Tompaso, SMA Amurang, dan beberapa sekolah lain. "Nah, khusus SMA 3 Bitung dijadikan sekolah percontohan PTM karena menerapkan protokol kesehatan yang baik," ungkapnya.  

Dengan segala kesiapan yang ada, Hermanus percaya, sekolah di Sulawesi Utara bisa melakukan PTM sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan pemerintah pusat.  Terlebih, lanjutnya, jumlah guru yang sudah menerima vaksin covid-19 di Sulawesi Utara hampir tuntas.  Untuk tahap 1 sudah 90% guru divaksin. Sedangkan tahap 2 sudah 75%.  

 

"Untuk sisanya yang belum divaksin menyusul. Dengan tingkat vaksinasi yang begitu tinggi ini juga membuat semakin yakin bahwa PTM di Sulawesi Utara akan segera berjalan seutuhnya," ujarnya. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Didik Suhartono/

Pelaku Usaha Tidak Setuju Syarat Sertifikat Vaksin untuk Masuk Mal

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 30 Juli 2021, 23:35 WIB
Di pusat perbelanjaan itu sangat ketat penerapan protokol kesehatan dibandingkan dengan pasar tradisional dan pusat kerumunan yang...
MI/BAYU ANGGORO

Organisasi Masyarakat Soroti Capaian Vaksinasi di Jawa Barat

👤Bayu Anggoro 🕔Jumat 30 Juli 2021, 23:20 WIB
Sejumlah persoalan masih jadi kendala vaksinasi di Jawa Barat, sehingga mengakibatkan capaian vaksinasi masih...
MI/BAYU ANGGORO

PDIP Jawa Barat Gulirkan Bantuan Sosial

👤Bayu Anggoro 🕔Jumat 30 Juli 2021, 23:05 WIB
Bantuan senilai total Rp12 miliar ini dikhususkan bagi warga yang menjalani isolasi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencari Abdi Negara di Tengah Pandemi

Jumlah pelamar di bawah perkiraan 5 juta orang dan menurun ketimbang perekrutan sebelumnya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya