Jumat 18 Juni 2021, 15:35 WIB

Covid-19 Melonjak, DKI Ragu Jalankan PTM Saat Tahun Ajaran Baru

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Covid-19 Melonjak, DKI Ragu Jalankan PTM Saat Tahun Ajaran Baru

MI/ANDRI WIDIYANTO
Siswa-siswi mengikuti uji coba pembelajaran tatap muka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat di SDN 02 Kelapa Dua Wetan, Jakarta

 

KASUS covid-19 di Jakarta meningkat tajam sepekan terakhir. Hal itu juga diiringi kenaikan 'positivity rate' yang mencapai 18% dari pekan sebelumnya 9%. Dinas Pendidikan DKI Jakarta pun terpaksa menghentikan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) tahap 2 yang sudah berlangsung sejak 9 Juni dan direncanakan berakhir pada 26 Juni nanti.

Penghentian uji coba PTM tahap 2 ini resmi ditetapkan melalui surat bernomor 8057/-1.851 yang ditandatangani oleh Kepala Disdik DKI Nahdiana dan ditujukan kepada jajaran Disdik DKI.

Kasubbag Humas Disdik DKI Taga Radja pun meragukan PTM permanen yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan agar dilaksanakan pada tahun ajaran baru di Juli mendatang.

Baca juga: Pemprov DKI Minta Perusahaan Segera Vaksinasi Karyawan

"Ya otomatis dengan adanya seperti ini, kemungkinan ditunda juga. Menunggu kondisi yang lebih kondusif. Namanya rencana harus disampaikan, dipersiapkan. Begitu kondisi tidak memungkinkan kita mesti me-review, mengkaji ulang," kata Taga saat dikonfirmasi.

Pembelajaran pun saat ini kembali dialihkan ke pembelajaran jarak jauh. Taga menyebut meski tidak ada kasus anak terpapar covid-19 karena ikut uji coba PTM, pihaknya menegaskan melindungi warga lebih penting untuk saat ini sehingga uji coba PTM dihentikan.

"Jadi Disdik memutuskan menunda uji coba, suratnya ada. Itu menunjukkan bahwa kita kooperatif dengan kondisi yang ada untuk tidak meneruskan PTM," tukasnya.

Ia meminta aga pembukaan PTM permanen saat tahun ajaran baru nanti dilakukan secara regional per daerah dan tidak serentak. Pembukaan ini dapat dilakukan berdasarkan jumlah kasus covid-19 di masing-masing daerah.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta menerapkan uji coba PTM tahap 2 yang diikutioleh 226 sekolah baik negeri maupun swasta sejak 9 Juni lalu. Namun, PTM ini dihentikan seiring meningkatnya kasus covid-19. (OL-4)

Baca Juga

dok.ist

Peradi Tower Bakal Hadir di Sudut Jakarta

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 19:15 WIB
DEWAN Pimpinan Nasional Peradi memiliki gedung baru lantai tujuh yang akan digunakan sebagai kantor sekretariat...
ANTARA

DKI Siapkan 3 Moda Transportasi Umum Menuju JIS

👤Hilda Julaika 🕔Kamis 20 Januari 2022, 15:01 WIB
Adapun yang ketiga, menurutnya Jakarta akan membangun LRT Jakarta yang merupakan lanjutan dari fase Kelapa Gading...
MI/RAMDANI

Kasus Omikron Terus Naik, Kadishub: Gage di 13 Titik Masih Terus Dilaksanakan

👤Hilda Julaika 🕔Kamis 20 Januari 2022, 14:42 WIB
Gage dinilai membuat masyarakat berpindah ke transportasi publik dan dinilai bisa memicu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya