Selasa 11 Mei 2021, 18:14 WIB

Pemkab Lamongan Izinkan Gelar Salat Idul Fitri

M Yakub | Nusantara
Pemkab Lamongan Izinkan Gelar Salat Idul Fitri

DOK MI
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Kabupaten Lamongan, Jawa Timur memberikan izin dilaksanakannya salat Idul Fitri dengan penerapan protokol kesehatan. Namun, Pemkab melarang pelaksanaan takbir keliling.

Ketentuan ini merupakan tindaklanjut dari Surat Edaran Gubernur Jawa Timur Nomor 451/10180/012.1/2021 tentang Penyelenggaraan Salat Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah di saat pandemi Covid- 19 di Jawa Timur.
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi juga telah menginstruksikan kepada seluruh Camat dan Kepala Organisaso Perangjat Daerah (OPD) untuk mensosialisasikan hal ini kepada masyarakat secara luas.

"Kita harapkan ASN menjadi contoh dan teladan dalam menaati peraturan pemerintah terkait PPKM Mikro termasuk larangan mudik," ungkap Bupati, di Command Center Pemkab Lamongan, Selasa (11/5).

Saat ini, kata dia, Lamongan berada pada zona kuning Covid-19. Dan sesuai Surat Edaran Gubernur Jawa Timur masyarakat Lamongan diperbolehkan menggelar salat Idul Fitri dengan jumlah jamaah tidak boleh lebih dari 50 persen dari kapasitasnya. "Takbir keliling ditiadakan dan dapat dilakukan secara terbatas di masjid atau musala," tandas Bupati.

Bupati juga mengingatkan dalam penyelenggaraan salat Idul Fitri harus dibentuk kepanitiaan yang menyiapkan perangkat protokol kesehatan. Antara lain penggunaan thermogun, menyiapkan masker bagi jamaah yang tidak memakai masker, dan menyesuaikan durasi khotbah paling lama 10 menit.

ASN juga diharapkan dapat menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan terutama saat menjelang Idul Fitri. "Kepada seluruh ASN agar tetap mematuhi peraturan pemerintah untuk tidak mudik. Hal ini agar dijadikan contoh dan teladan bagi masyarakat Lamongan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.Sehingga menghadapi libur Idul Fitri minggu ini tidak terjadi kenaikan kasus Covid 19 di Kabupaten Lamongan," pungkas Bupati. (OL-15) M Yakub/YK)

 

Baca Juga

ANTARA/Adiwinata Solihin

Ratusan Ribu Hektare Lahan Kritis Di Jabar Berpotensi Timbulkan Bencana

👤Depi Gunawan 🕔Senin 29 November 2021, 18:46 WIB
BERDASARKAN data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada 2018, sekitar 911 ribu hektare lahan kritis di Jawa Barat berpotensi...
MI/Dwi Apriani

Pemkab OKI Libatkan Remaja Untuk Tekan Angka Stunting

👤Dwo Apriani 🕔Senin 29 November 2021, 18:38 WIB
Pemkab OKI melibatkan para remaja untuk menekan angka...
MI/ALEXANDER P TAUM

Petani di Pelosok Lembata Terima Bantuan Alsintan dari Julie Laiskodat

👤Alexander P Taum 🕔Senin 29 November 2021, 18:35 WIB
Bantuan berasal dari Kementerian Pertanian berkat pengajuan anggota DPR RI Julie...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya