Senin 10 Mei 2021, 13:28 WIB

6 Perusahaan di Sulsel Dilaporkan Belum Bayar THR

Lina Herlina | Nusantara
6 Perusahaan di Sulsel Dilaporkan Belum Bayar THR

Ilustrasi
THR

 

SEBANYAK enam perusahaan di Sulawesi Selatan dilaporkan pekerjanya, karena hingga bahkan lebih dari H-7 lebaran Idulfitri 2021 belum membayarkan tunjangan hari raya (THR) kepada Karyawan..

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulsel Darmawan Bintang mengatakan, setelah menerima laporan tersebut, tim dari Disnaker Provinsi Sulsel sudah turun melakukan mediasi.

"Jadi pertama kita mediasi dulu, bukan langsung penegakan hukum. Kita cari tahu dulu, apa alasan belum bayar atau ada hal-hal yang menjadi pertimbangan antara perusahaan terhadap pekerjanya," kata Darmawan, Senin (10/5).

Dia meminta untuk menunggu hasil mediasi agar tidak bisa dibayar paling tidak H-1. "Kita beri waktu sampai H-1, tapi kalau belum ada pegerakan diharaokan mediator turun, kalau tidak ada tindakan selanjutnya ada penegakan hukum. Kita juga akan beri sanksi administratif," lanjut Darmawan.

Baca juga : 211 Kendaraan di Perbatasan Jateng-DIY Diputarbalikkan

Ada pun perusahan yang belun bayar THR itu bekerja di sektor makanan, grosir, kontraktor. "Jadi macam-macam, tapi mereka itu merek lokal," sebut Darmawan.

Dia juga menegaskan, tidak ada alasan bagi perusahaan untuk tidak membayarkan THR, karena itu sudah diatur dala Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 tahun 2019 tentang pemberian tunjangan hari raya (THR).

"Apapun yang terjadi pada perusahaan, tidak menghilangkan kewajiban perusahaan untuk membayar THR. Misal dia pailit, maka jual barang, barang itu dipake bayar THR. Apa pun bentuknya THR adalah bentuk tanggung jawab perusahaan pada pekerjanya," tegas Darmawan.

Saat ditanya, ada tidak perusahaan yang melaporkan tidak bisa membayar THR? Darmawan menyebutkan, "jika ada perusahaan yang melakukan negosiasi, lantas mencapai kesepakatan dan tertuang dalam berita acara antara pekerja dan perusahaan kita minta dilaporkan ke kita, dan itu belum ada yang laporkan". (OL-2)

 

Baca Juga

Ist

SPKS Bagikan Sembako ke Petani Kelapa Sawit Berlahan Kecil di 13 Kabupaten 

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 September 2021, 21:28 WIB
Serikat Petani Kelapa Sawit Indonesia (SPKS) menyalurkan paket bantuan darurat kepada sekitar 1.600 petani sawit kecil di 14...
Kodam Cenderawasih

Jelang PON Papua, Kodam Cenderawasi Kebut Vaksinasi

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 25 September 2021, 17:57 WIB
Hingga saat ini vaksinasi di Kabupaten Merauke sudah mencapai 66%, Kota Jayapura 63% dan di Kabupaten Keerom di atas...
Ist

Vaksinasi untuk Negeri Bagi Pelajar dan Santri Kembali Digelar di Makassar

👤mediaindoensia.com 🕔Sabtu 25 September 2021, 17:30 WIB
Vaksinasi Covid-19 yang menyasar kalangan pelajar, santri,dan organisasi kepemudaan ini, digelar di Pondok Pesantren Ulul Albab, Makassaer,...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya