Minggu 09 Mei 2021, 13:27 WIB

Masyarakat Diimbau Gunakan Hak Pilih saat PSU Pilgub Kalsel

Denny Susanto | Nusantara
Masyarakat Diimbau Gunakan Hak Pilih saat PSU Pilgub Kalsel

Dok MI
Ilustrasi pilkada

 

MASYAKARAT diimbau untuk menggunakan hak pilihnya pada pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) Pilkada Gubernur Kalimantan Selatan, 9 Juni mendatang. Tudingan  bahwa 74% pemilih Banjarmasin memilih karena uang, dinilai merupakan strategi politik untuk menggembosi suara pemilih di wilayah PSU di Kalsel. Hal ini dilontarkan Koordinator Relawan Jaga Banua, Syahbuddin di Banjarmasin, Sabtu (8/5).

"Patut diduga Denny Indrayana dengan sengaja menyebut 74% warga Banjar memiih karena uang justru untuk menekan tingkat partisipasi masyarakat datang ke TPS saat PSU nanti," kata Syahbuddin, Koordinator Relawan Jaga Banua, di Banjarmasin, Sabtu (8/5).

Pasca keputusan MK untuk menggelar PSU di tiga wilayah di 7 kecamatan, kubu paslon 02 justru unggul 22 ribu suara dibanding petahana paslon 01. Oleh karena itu, Denny dan timnya sangat berharap agar partisipasi warga untuk datang ke TPS di wilayah PSU menurun. Harapannya, di wilayah PSU yang merupakan basis pendukung petahana (Paman Birin) jumlah suara yang masuk kecil sehingga paslon 02 bisa menang dengan modal 22 ribu suara.

"Kubu Denny bermain di ranah politik retorika. Dia mencoba mengusik harga diri orang Banua dengan melempar isu 74% warga mencoblos karena uang," tambah Syahbuddin. Ada dua skenario yang diharapkan jika masyarakat terpancing.

Skenario pertama, masyarakat yang awalnya berniat memberikan hak suara, gara-gara terpengaruh tudingan Denny menjadi enggan ke TPS karena khawatir bakal dianggap telah menerima uang. Skenario kedua, banyak masyarakat menjadi gerah dengan tensi politik yang meningkat dan pada akhirnya memutuskan tak datang ke TPS.

"Ada indikasi ini trik politik kotor karena sadar bahwa hanya dengan cara ini bisa memenangkan PSU," ujar Syahbuddin.

baca juga: Pemungutan Suara Ulang

Untuk itu dirinya meminta masyarakat di wilayah PSU untuk melawan skenario kotor ini dengan cara berbondong-bondong datang ke TPS.

"Masyarakat Kalsel diharapkan jangan termakan hasutan Denny. Mari kita semua datang ke TPS untuk menyalurkan hak pilih. Kita buktikan bahwa masyarakat Banua mencintai Kalsel dengan memilih pemimpin terbaik putra asli Banua," pungkas Syabuddin. (OL-3)

 

Baca Juga

Dok. Hutama Karya

Kolaborasi Hutama Karya-BWA Renovasi Surau di Salah Satu Desa Terpencil di Sumbar 

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 23:28 WIB
Surau ini menjadi satu-satunya tempat sarana ibadah masyarakat dan tempat anak-anak untuk belajar mengaji dan menghafal...
DOK MI

Pemkab Cirebon Gencarkan Percepatan Vaksinasi Covid-19

👤Nurul Hidayah 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 23:24 WIB
CAPAIAN vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat baru mencapai 34 persen. Untuk menurunkan level PPKM, percepatan vaksinasi...
MI/Djoko Sardjono

Kodim Klaten Salurkan Bantuan BTPKLW

👤Djoko Sardjono 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 23:16 WIB
KODIM 0723 Klaten, Jawa Tengah, menyalurkan bantuan tunai pedagang kaki lima dan warung (BTPKLW). Penyerahan bantuan berlangsung di Aula...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya