Rabu 28 April 2021, 08:15 WIB

Enam Stasiun Kereta Api di Sumsel Layani Pemeriksaan GeNose C19

Dwi Apriani | Nusantara
Enam Stasiun Kereta Api di Sumsel Layani Pemeriksaan GeNose C19

MI/Dwi Apriani
Suasana pemeriksaan GeNose di Stasiun Kertapati, Palembang.

 

SEBAGAI upaya memberikan pilihan pemeriksaan kesehatan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre III Palembang kini sudah menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19. Ada enam stasiun di wilayahnya yang sudah memiliki fasilitas alat pendeteksi Covid-19 tersebut.

Manager Humas KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti mengatakan saat ini alat pendeteksi GeNose telah terpasang di  stasiun Kertapati, Prabumulih, Muara Enim, Lahat, Tebing Tinggi, dan Lubuk Linggau.

"Sekarang kami telah terapkan pemeriksaan GeNose C19. Hal ini dalam rangka memberikan pelayanan kepada pelanggan untuk memenuhi syarat bepergian dengan kereta api pada masa pandemi Covid-19," ujar Aida, Rabu (28/4)

Layanan ini merupakan sinergi antar BUMN dalam hal ini KAI dengan Indofarma melalui anak perusahaannya Farmalab. Menurutnya, untuk melakukan pemeriksaan GeNose C19, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking kereta api jarak jauh yang sudah lunas, serta tidak boleh merokok, makan, minum selama 30 menit sebelum melaksanakan tes.

"Tarif yang dikenakan pun cukup murah yakni hanya Rp30.000 per orang untuk satu kali pemeriksaan, " katanya.

baca juga: GeNose19

Aida menjelaskan bahwa pemeriksaan GeNose C19 tersebut dapat dipakai untuk keberangkatan di seluruh stasiun yang melayani perjalanan kereta apo jarak jauh. Adapun masa berlakunya hasil negatif GeNose C19 tersebut adalah maksimal 1x24 jam sejak pengambilan sampel.

Dengan bertambahnya stasiun pemeriksaan GeNose C19, saat ini sudah 54 stasiun Kereta Api yang melayani pemeriksaan GeNose C19 yang tersebar di stasiun Jawa dan Sumatra sejak pertama kali digunakan 5 Februari lalu. Sampai dengan 25 April 2021, secara total KAI telah melayani lebih dari 720 ribu peserta pemeriksaan GeNose C19 di stasiun.

"Kami apresiasi antusiasme masyarakat akan produk anak bangsa ini. Proses pemeriksaan GeNose C19 yang cepat, nyaman," tutupnya. (OL-3)

Baca Juga

ANTARA/Fransisco Carolio

Titik Api Bertambah 10 Kali Lipat, Sumut Siaga Karhutla

👤Yoseph Pencawan 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 23:25 WIB
Sumut memiliki wilayah yang rentan mengalami karhutla karena memiliki 3,7 juta ha lahan hutan dan 261 ha lahan...
MI/Kristiadi

Komunitas Mak Ganjar Garut Berdoa Memohon Kemajuan Bangsa

👤Adi Kristiadi 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 22:28 WIB
RATUSAN Ibu-Ibu bergabung ke dalam komunitas relawan Mak Ganjar untuk mengikuti acara Zikir dan Do'a Bersama untuk Kemajuan Bangsa di...
dok.ist

Perempuan Milenial Sumsel Ajak Pilih Figur yang Terbukti Memajukan Perempuan

👤Dwi Apriani 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 22:15 WIB
UPAYA konsolidasi dukungan untuk Ganjar Pranowo ini digelar dalam acara  healty fun day di Gedung Graha Bandara Insani, Talang Jambe,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya