Selasa 12 April 2016, 09:19 WIB

Tarif Angkutan Umum Turun Bervariasi

TS/FL/RS/CS/VR/AS/DW/N-4 | Nusantara
Tarif Angkutan Umum  Turun Bervariasi

MI/Panca Syurkani

 

TARIF angkutan di sejumlah daerah mulai turun meskipun belum menjadi ketetapan resmi pemerintah setempat. Langkah itu dilakukan untuk menyikapi penurunan harga premium dan solar per 1 April lalu.
Di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, besaran penurunan tarif angkutan bahkan mencapai 12,5%. “Ini melebihi ketentuan pemerintah sebesar 3%. Kita menyesuaikan kondisi di lapangan dan pecahan mata uang yang ada,”ujar Ketua DPC Organda Temanggung, Supoyo, di kantornya, kemarin.

Namun, baru sebagian rute saja yang telah menurunkan tarif, khususnya di jalur-jalur gemuk atau ramai. Penurunan tarif angkutan itu diakuinya berasal dari inisiatif Organda.

Di Jawa Timur, tarif bus angkutan kota dalam provinsi (AKDP) turun hingga Rp1.500. Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan Jatim, Sumarsono, mengatakan usulan itu akan disampaikan ke Gubernur Jatim untuk secepatnya disetujui.

Hal yang sama dilakukan PT ASDP Pelabuhan Gilimanuk yang menurunkan tarif penyeberangan di Pelabuhan Gilimanuk, Bali, dengan tujuan Ketapang Banyuwangi, Jatim, rata-rata sebesar 2,5%.
Kondisi sebaliknya terjadi di Karawang, Jawa Barat, meski Pemkab Karawang telah mengeluarkan surat edaran penurunan tarif angkutan umum sebesar 3%, Senin (4/4) lalu.

Namun, penurunan itu tidak digubris sopir angkutan. Wakil Bupati Karawang, Ahmad Jamaksyari, mengaku akan segera memanggil Dishubkominfo sebagai bahan evaluasi.

Langkah maju dilakukan Dinas Perhubung­an Kota Palembang yang menempelkan sebanyak 1.500 stiker berisi informasi tarif baru angkutan. Semua tarif angkutan umum turun 5% atau Rp500, mulai Jumat (8/4).
Di Kalimantan Utara, turunnya harga BBM justru disambut dengan antrean panjang kendaraan lebih dari 1 kilometer di salah satu SPBU di Jalan Katamso.

Sementara itu, kelangkaan BBM justru terjadi di Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jateng. Harga premium melonjak dari Rp10 ribu menjadi Rp20 ribu per liter akibat larang­an kapal kayu pengangkut BBM untuk masuk kepulauan itu. (TS/FL/RS/CS/VR/AS/DW/N-4)

Baca Juga

AFP/Putri

Madura United FC Minta KONI-Menpora Investigasi Tragedi Kanjuruhan, jangan PSSI

👤Mohammad Ghazi 🕔Senin 03 Oktober 2022, 17:50 WIB
PRESIDEN Madura United FC, Achsanul Qosasi (AQ), tim investigasi tragedi Kanjuruhan lebih baik diserahkan ke KONI dan Kemenpora, jangan ke...
dok.mi

Plt Bupati Mimika Diduga Terlibat Korupsi Pengadaan Helikopter

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 17:42 WIB
KEJATI papua bersama Kejari Mimika tengah melakukan penyidikan dugaan korupsi pengadaan dua jenis pesawat yang telah dibeli oleh Dishub...
MI/Widjajadi

Tragedi Kanjuruhan Ancam Piala Dunia U-20 2023, Gibran Pasrah

👤Widjajadi 🕔Senin 03 Oktober 2022, 16:34 WIB
Kota Surakarta yang menjadi bagian dari Piala Dunia U-20 saat ini masih melakukan persiapan terbaik sebagai tuan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya