Kamis 15 April 2021, 15:55 WIB

Peringati Hari Jadi Sumut, Gubsu Ajak Masyarakat Patuhi 5M

mediaindonesia.com | Nusantara
Peringati Hari Jadi Sumut, Gubsu Ajak Masyarakat Patuhi 5M

MI/Apul Iskandar

 

MEMPERINGATI hari jadi ke-73 Provinsi Sumatera Utara, Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi mengajak masyarakat Sumatra Utara untuk melakukan tindakan-tindakan pencegahan dan penanganan covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan 5M di kota masing-masing.

"Saya juga terus mengintruksikan kepada seluruh bupati/wali kota agar selalu bersinergi dengan forkopimda di daerahnya untuk terus mengajak seluruh masyarakat agar tetap melakukan tindakan-tindakan pencegahan dan penanganan covid-19 dengan memberikan sosialisasi protokol kesehatan 5M di masing-masing kota," kata Edy Rahmayadi, Kamis (15/4).

Edy menerangkan bahwa sejarah Provinsi Sumatra Utara dimulai pada zaman pemerintahan Belanda. Sumatra Utara merupakan suatu pemerintahan yang bernama Gouvernement van Sumatra dengan wilayah meliputi seluruh Pulau Sumatra yang dipimpin oleh seorang Gubernur yang berkedudukan di Kota Medan.

"Dengan diterbitkannya Undang-Undang Republik Indonesia (R.I.) No. 10 Tahun 1948 pada tanggal 15 April 1948, ditetapkan bahwa Sumatra dibagi menjadi tiga provinsi yang masing-masing berhak mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri. Yaitu: Provinsi Sumatra Utara, Provinsi Sumatra Tengah, dan Provinsi Sumatra Selatan. Tanggal 15 April 1948 selanjutnya ditetapkan sebagai hari jadi Provinsi Sumatra Utara," kata Edy Rahmayadi, Kamis (15/4) .

Dia menambahkan juga bahwa sudah sepatutnya kita mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada para tokoh yang telah berjasa membangun Provinsi Sumatera Utara. "Sehingga kita dapat menikmati perkembangan pembangunan di provinsi Sumatra Utara," tambahnya.

Turut hadir mengikuti rapat paripurna DPRD dalam rangka memperingati hari jadi ke-73 Provinsi Sumatra Utara melalui zoom meeting, Walikota Pematangsiantar Hefriansyah, para staf ahli, dan pimpinan Organisasi Pimpinan Daerah Kota Pematangsiantar di Ruang Command Center Kantor Wali Kota Pematangsiantar.

Edy Rahmayadi juga mengajak seluruh masyarakat Sumatra Utara untuk menjadikan peringatan Hari Jadi ke-73 Provinsi Sumatra Utara tahun 2021 ini sebagai momentum dan motivasi untuk terus memberikan dukungan dan pemikiran guna mewujudkan Sumatra Utara yang aman, maju, dan bermartabat.

Sementara itu, Ketua DPRD Provinsi Sumatra Utara Baskami Ginting mengajak masyarakat untuk bersama berdoa agar Provinsi Sumatra Utara dapat menjadi kota yang aman, maju, dan bermartabat.

"Selamat hari jadi ke-73 provinsi Sumatra Utara dengan harapan masyarakat semoga pemerintah dapat segera mewujudkan Sumatra yang aman, maju, dan bermartabat," ajaknya. (AP/OL-10)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra

Pemprov Kalsel Salurkan Puluhan Ribu Rapid Test Antigen

👤Denny Susanto 🕔Kamis 06 Mei 2021, 08:12 WIB
Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan telah membagikan 65.000 rapid test antigen ke 13 pemerintah kabupaten/kota di wilayah tersebut guna...
MI/Kristiadi

Ratusan Kendaraan Diputarbalik Saat Masuk Tasikmalaya

👤Kristiadi 🕔Kamis 06 Mei 2021, 06:41 WIB
Polres Tasikmalaya Kota memutar balik ratusan kendaraan yang melintas di jalur selatan Gentong, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya...
DOK MI

Tadarusan di Martapura Picu Kontroversi Politisasi Alquran

👤Denny Susanto 🕔Kamis 06 Mei 2021, 06:16 WIB
Kegiatan tadarus Alquran dengan mengundang calon Gubernur Kalimantan Selatan yang berlangsung di Masjid Agung Al Karomah, Martapura, Kalsel...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Citarum Mulai Harum

  Sudah tiga tahun Sungai Citarum dikeroyok. Sampah mulai berkurang, air terlihat lebih bersih.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya