Selasa 30 Maret 2021, 14:25 WIB

Gubernur Sumsel Izinkan Warganya Mudik Lebaran 1442 H

Dwi Apriani | Nusantara
Gubernur Sumsel Izinkan Warganya Mudik Lebaran 1442 H

MI/Dwi Apriani
Gubernur Sumsel Herman Deru.

 

MESKI pemerintah pusat sudah mengeluarkan kebijakan larangan mudik lebaran tahun ini, namun tidak begitu bagi wilayah Sumatra Selatan. Bahkan Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru masih memperbolehkan jika memang masyarakat di wilayahnya mau melakukan aktivitas mudik.

Diakui Herman Deru, mudik yang diperbolehkan ada penjelasan lebih rinci. Diantaranya mudik lebaran yang dimaksud adalah apabila masyarakat melakukan aktivitas mudik antar kabupaten dan kota dalam provinsi Sumsel sendiri.

"Saya kan hanya mengatur wilayah Sumsel, kita tidak mengatur Jakarta, Papua, Kalimantan dan sebagainya. Mudik kalau kita analogikan adalah perjalanan antar kabupaten dan kota dalam provinsi. Contohnya warga Palembang ingin mudik ke Baturaja. Boleh saja dan tidak dilarang," kata Herman Deru, Selasa (30/3).

Ia juga memperbolehkan aktivitas mudik dengan catatan tidak membawa serta Covid-19 pulang kerumah. Artinya, sebelum melakukan aktivitas mudik, masyarakat harus melakukan pengecekan atau pemeriksaan kesehatan terlebih dulu.

"Boleh mudik asal jangan bawa Covid-19. Caranya, sebelum mudik rapid test dulu, bisa antigen ataupun genose. Pastikan dulu diri kita tidak terpapar Covid-19," kata dia.

Namun terkait dengan mudik antar provinsi, lanjut Herman Deru, pihaknya akan menjalankan kebijakan pemerintah pusat. Diakuinya, akan ada penjagaan ketat di pintu kedatangan Sumsel, seperti di Bandara SMB II Palembang, Pelabuhan Boom Baru dan pintu masuk Tol Kayuagung-Palembang.

"Saya sudah intruksikan kepada Dinas Perhubungan dan OPD terkait untuk menyediakan alat deteksi di semua pintu kedatangan, baik rapid test antigen ataupun genose," pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga: Pemerintah Diminta Tegas Larang Mudik Tanpa Kecuali

Baca Juga: Mudik Dilarang lagi, PO Bus di Tasikmalaya Merugi Lagi

 

Baca Juga

Antara

Kasus Positif Covid-19 di Kudus Mulai Mereda

👤Akhmad Safuan 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 13:00 WIB
BADAI covid-19 Kabupaten Kudus mulai mereda, meskipun masih ada pasien baru terkonfirmasi korona dan warga terpapar varian Delta India...
ANTARA FOTO/Makna Zaezar

Kalteng Hentikan Covid-19 Lewat Vaksinasi Menyeluruh

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 10:56 WIB
Percepat vaksinasi Covid-19 untuk mencapai target herd imunnity masyarakat, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) terus...
MI/Reza Sunarya

Tekan Penyebaran Covid, Kota Denpasar Adakan Tes Antigen di Area Publik

👤Arnoldus Dhae 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 08:35 WIB
PEMKOT Denpasar menyiapkan antisipasi untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. Salah satunya dengan melakukan swab antigen di tempat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pungli Tetap Marak Pak Satgas!

Pungli di berbagai layanan publik terus menjadi masalah yang dialami masyarakat, bahkan di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya