Sabtu 27 Februari 2021, 05:20 WIB

Harga Cabai Rawit di Sulut Tetap Mahal hingga Akhir Maret

Mediaindonesia.com | Nusantara
Harga Cabai Rawit di Sulut Tetap Mahal hingga Akhir Maret

Antara/Syaiful Arif.
Buruh tani memanen cabai rawit di areal persawahan Desa Kendalsari, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

 

HARGA cabai rawit yang tinggi saat ini di Sulawesi Utara (Sulut) diperkirakan bertahan hingga akhir Maret 2021. Hal ini karena musim panen cabai di Sulut nanti di waktu tersebut.

Itu dikatakan Kepala Disperindag Sulut Edwin Kindangen di Manado, Jumat (26/2). Oleh karena itu, pemerintah berharap masyarakat untuk mengurangi konsumsi cabai karena stok sedang berkurang yang mengakibatkan harga menjadi mahal.

Masyarakat di Sulut, katanya, memang unik karena telah menjadikan cabai rawit sebagai salah satu kebutuhan pokok. "Mereka tidak bisa makan tanpa ada cabai," katanya.

Harga cabai rawit saat ini masih tinggi, yakni berada di atas Rp80.000 per kg. Harga ini diperkirakan masih akan bertahan hingga minggu kedua atau ketiga Maret 2021.

"Saat ini harga cabai rawit di Sulut memang masih tinggi. Tingginya harga cabai ini terjadi merata di seluruh Indonesia, termasuk di provinsi tetangga," jelasnya.

Tingginya harga cabai rawit ini karena memang harga di tingkat petani sudah tinggi yakni di kisaran Rp60.000 per kilogram. Hal ini karena produksi dari petani yang masih sedikit.

"Stok memang berkurang, tapi hanya sedikit. Untuk saat ini harganya belum bisa kembali ke kisaran Rp40 ribu per kilogram," katanya.

Ia mengatakan panen cabai rawit diperkirakan akan terjadi pada Maret atau April 2021 sehingga harga diperkirakan baru akan turun saat itu. Menurut sejumlah pedagang di Pasar Segar Manado, stok cabai mereka memang sedikit dan harus membeli ke petani dengan harga mahal. (Ant/OL-14)

Baca Juga

MI/WIDJAJADI

Enam Penyandang Disabilitas Ikut Bersaing di UNS

👤Widjajadi 🕔Selasa 13 April 2021, 14:40 WIB
Peserta berkebutuhan khusus atau disabilitas yang mengikuti UBTK difasilitasi dengan perangkat lunak khusus, dan pelaksanaannya dibantu...
MI/Depi Gunawan

Hengky Kurniawan Jadi Plt Bupati Bandung Barat

👤Depi Gunawan 🕔Selasa 13 April 2021, 13:09 WIB
GubernurJawa Barat, Ridwan Kamil mengangkat Wakil Bupati Hengky Kurniawan menjadi pelaksana tugas (Plt) Bupati Bandung...
Ist/Pemprov Jateng

Ketua KPK Apresiasi Gubernur Jateng dalam Pencegahan Korupsi

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 13 April 2021, 12:50 WIB
Ketua KPK Komjen Pol Firli Bahuri memberikan apresiasi kepada Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo terkait pencegahan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya