Jumat 26 Februari 2021, 00:40 WIB

Jalan Utama Menuju Pantura Pamekasan Retak dan Ambles

Muhamad Ghazi | Nusantara
Jalan Utama Menuju Pantura Pamekasan Retak dan Ambles

MI/M Ghazi
Petugas Satpol PP Kabupaten Pamekasan, Jatim berjaga di sekitar jalan yang retak di Desa Bindang, Kecamatan Pasean, Pamekasan, Kamis (25/2).

 

JALAN utama yang menghubungkan Kota Pamekasan, Madura, Jawa Timur  dengan kawasan pantai utara retak dan ambles akibat pergerakan tanah. Lokasi jalan yang ambles berada di Dusun Jepon, Desa Bindang, Kecamatan Pasean, ridak jauh dari lokasi longsor yang menewaskan lima orang santri pada Rabu (24/2).

Di beberapa titik, panjang retakan mencapai delapan meter dengan lebar retakan mencapai 50 sentimeter. Menurut warga, pada saat terjadi longsor sehari sebelumnya, kondisi jalan sudah mulai retak-retak, namun masih bisa dilalui.

Retakan itu semakin parah sejak Kamis (25/2) dini hari, bersamaan dengan turunnya hujan. "Kami langsung melaporkan peristiwa ini ke kepala desa untuk dilanjutkan ke pihak yang berwenang," kata Subaili, warga Desa Bindang.

Badan Penanggulangan Bencana Daeeah (BPBD) Pamekasan saat ini te;ah menutup jalan tersebut untuk semua kendaraan, termasuk kendaraan roda dua.

Bupati Pamekasan, Baddruttamam, mengatakan pihaknya masih akan mengkaji kelayakan jalan tersebut untuk diperbaiki. Sebab, kondisi tanah di lokasi merupakan tanah labil yang rawan terjadi retakan dan berdekatan dengan tebing, sehingga dikawatirkan mudah terjadi longsor.

Hasil dari kajian tersebut akan dijadikan rekomendasi kw Pemprov Jawa Timur, karena jalan tersebut merupakan jalan provinsi yang menjadi kewenangan Pemprov Jawa Timur.

"Kami sudah meminta konsultan untuk mengkaji masalah ini. Jika tidak memungkinkan untuk diperbaiki, bisa jadi lokasinya akan dipindah," kata Baddruttamam. (OL-15)

Baca Juga

ANTARA

Banyumas dan Kebumen Antisipasi Warga Yang Nekat Mudik

👤Lilik Darmawan 🕔Selasa 13 April 2021, 21:45 WIB
POLRESTA Banyumas dan Polres Kebumen mendirikan pos pemantauan untuk mengantisipasi warga yang nekat...
MI/BAGUS SURYO

Tukiri Berbagi Tidur dengan Kambing Pascalindu

👤Bagus Suryo 🕔Selasa 13 April 2021, 21:40 WIB
Bapak enam anak itu terus mengumpulkan barang-barang rumah tangga dan benda berharga yang tertimbun puing bangunan, berkejaran dengan...
DOK/PRUDENTIAL

Prudential Gandeng Super M Rilis Single dan Music Video We DO

👤Media Indonesia 🕔Selasa 13 April 2021, 21:30 WIB
Gaungkan semangat hidup lebih sehat melalui musik dan tarian, Prudential dan SuperM ajak masyarakat untuk tetap aktif dan sehat dengan cara...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya