Sabtu 20 Februari 2021, 14:15 WIB

Bantu Berikan Air Bersih untuk Masyarakat Nusa Tenggara Timur

Mediaindonesia.com | Nusantara
Bantu Berikan Air Bersih untuk Masyarakat Nusa Tenggara Timur

ANTARA/Kornelis Kaha
Sejumlah warga membawa jeriken kosong untuk mengisi air bersih saat pembagian air bersih oleh pihak kepolisian di Kecamatan Alak, NTT.

 

WABAH covid-19 yang masih berlangsung di dunia dan Indonesia bukan saja telah melumpuhkan berbagai sektor kehidupan melainkan juga mengganggu mental dan spiritual masyarakat. Apalagi di Indonesia. Selain menghadapi wabah tersebut, masyarakat di Tanah Air sejak awal tahun ini terus ditimba bencana alam, mulai dari banjir, gempa bumi, dan tanah longsong.

Belum selesai sampai situ, kemarau berkepanjangan yang terjadi sejak Maret 2020 menyebabkan beberapa titik di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) seperti Timor Tengah Selatan, Belu, dan Manggarai mengalami krisis air bersih.

Baca juga: Ketersediaan Air Bersih Nasional Memprihatinkan

Berangkat dari fakta tersebut, e-commerce Shopee mengambil peran untuk mendukung program Pangdam IX/ Udayana perihal proyek air bersih di NTT, sebagai bagian dari program sosial untuk Negeri. Berkolaborasi dengan Yayasan Nekmese Mitulo Thalinto, kegiatan sosial ini merupakan upaya Shopee dalam menyalurkan bantuan sebagai solusi krisis air bersih bagi warga setempat.

“Air bersih merupakan kebutuhan utama manusia dan menjadi faktor penentu dalam kesehatan dan kesejahteraan masyarakat khususnya di tengah pandemi saat ini. Melihat situasi krisis air bersih yang dihadapi oleh masyarakat di NTT, khususnya di wiayah Timor Tengah Selatan, Belu, dan Manggarai , menggerakkan hati kami untuk mendukung program yang dicanangkan oleh Pangdam IX/Udayana," kata Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja.

"Sebagai langkah awal dari dukungan ini, Shopee akan membangun sejumlah pompa air di lima titik dan harapannya bahwa pompa air tersebut nantinya dapat membantu sebanyak lebih dari 1000 rumah tangga di wilayah NTT untuk mendapatkan air bersih,” imbuhnya.

Sementara itu, Mayor Jendral TNI Maruli Simanjuntak mengatakan sangat mengapresiasi dukungan dari Shopee Indonesia dalam turut memberikan solusi bagi krisis air yang terjadi di Nusa Tenggara Timur. "Dari awal memulai program ini, Pangdam IX/Udayana, Yayasan Nekmese Mitulo Thalinto, dan tim Shopee Indonesia itu sendiri telah memantau dan memastikan bantuan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan warga Timor Tengah Selatan, Belu dan Manggarai dalam beberapa waktu kedepan. Kami berharap langkah awal bersama Shopee ini dapat meningkatkan taraf hidup di daerah terdampak.”


Pada kesempatan yang sama, Ketua Yayasan Nekmese Mitulu Thalinto, Janse Halena Kamlasi juga mengaku senang dapat berpartisipasi dan menjadi bagian dalam program yang didukung oleh Shopee Indonesia dan Pangdam IX/Udayana untuk memberikan solusi terbaik dalam memberikan akses terhadap air bersih untuk masyarakat NTT.

"Kami akan terus memantau situasi untuk melihat kebutuhan warga di wilayah NTT dan berharap inisiatif ini dapat terus mendukung masyarakat yang terkena dampak agar dapat bertahan dan membangun kembali kehidupan," cetus Janse. (Ant/A-1)

 

Baca Juga

Antara/Mushaful Imam.

Berbaju Tahanan dan Diborgol, Wabup Ogan Komering Ilir Dilantik

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 06:15 WIB
Pengawalan KPK terhadap Johan hanya sebatas dari rutan sampai pintu gerbang Griya...
MI/Benny Bastiandy.

Cuaca Ekstrem, Harga Cabai Rawit Domba di Cianjur Melambung

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 06:00 WIB
Saat ini intensitas hujan mulai berkurang dan petani sudah menyebar...
Antara/Jefri Aries.

Bengkulu Ingin Ekspor Kumbang Tanduk yang Digemari Remaja Jepang

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 05:45 WIB
Berdasarkan data survei karantina peternakan, populasi kumbang tanduk yang dianggap hama tersebut memang banyak ditemukan di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya